Advertisement

Tol Jogja-YIA Dipastikan Melintasi 17 Desa, Ini Daftar Lengkapnya

Catur Dwi Janati
Kamis, 14 Juli 2022 - 19:27 WIB
Bhekti Suryani
Tol Jogja-YIA Dipastikan Melintasi 17 Desa, Ini Daftar Lengkapnya Penjabat Bupati Kulonprogo Tri Saktiyana-Harian Jogja - Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Penjabat Bupati Kulonprogo, Tri Saktiyana memastikan proyek tol Jogja-Yogyakarta International Airport (YIA) akan melewati enam kecamatan dan 17 desa. Beberapa waktu diberitakan, proyek ini hanya melewati 15 desa.

Dikatakannya, khusus pembangunan tol di Kulonprogo masuk dalam tahap dua, yakni dari junction Sleman sampai ke simpang susun YIA Kulonprogo dengan jarak sepanjang 38,5 kilometer.

Advertisement

"Direncanakan [tol Jogja-YIA] bisa beroperasi nanti pada tahun 2025," terang Saktiyana pada Kamis (16/7/2022).

Dijelaskan Tri Saktiyana, ada 17 desa yang bakal dilintasi tol. Sebanyak 17 desa itu meliputi desa atau Kalurahan Banguncipto dan Kaliagung di Kapanewon Sentolo. Kalurahan Donomulyo di Nanggulan. Kalurahan Pengasih, Karangsari, Sendangsari di Kapanewon Pengasih. Kelurahan Wates di Kapanewon Wates.

BACA JUGA: Percepat Transisi Energi di RI, PLN Ajak Negara-negara G20 Berkolaborasi

Sementara itu Kapanewon Temon menjadi wilayah paling banyak yang dilewati tol. Beberapa wilayah tersebut yakni Kalurahan Kulur, Kalurahan Kaligintung, Kalurahan Temon Wetan, Kalurahan Temon Kulon, Kalurahan Karangwuluh, Kalurahan Sindutan, Kalurahan Kebonrejo dan Kalurahan Janten. Di Kapanewon Kokap ada Kalurahan Hargorejo dan Hargomulyo yang juga bakal dilintasi tol Jogja - YIA ini.

Direktur Teknik PT Jogjasolo Marga Makmur, Pristi Wahyono menerangkan pembangunan Tol Jogja-YIA Kulonprogo masih dalam proses Izin Penetapan Lokasi (IPL). "Mudah-mudahan Izin Penetapan Lokasi yang dikeluarkan pak Gubernur [Gubernur DIY] itu bisa segera turun. Memang semua butuh proses," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKS Dukung Anies Baswedan Jadi Capres

News
| Sabtu, 28 Januari 2023, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Rute ke Gua Kebon, Hidden Gems Kulonprogo yang Asri

Wisata
| Sabtu, 28 Januari 2023, 12:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement