Advertisement

Suarakan Kandang Ternak Bebas Baterai, AFJ: Setidaknya 2030 Bisa Diterapkan Penuh

Triyo Handoko
Sabtu, 16 Juli 2022 - 03:17 WIB
Arief Junianto
Suarakan Kandang Ternak Bebas Baterai, AFJ: Setidaknya 2030 Bisa Diterapkan Penuh Suasana Diskusi Kelompok Terpumpun bertajuk Peningkatan Kesejahteraan Satwa yang Diternakkan Khususnya Ayam dan Bebek,Kamis (14/7/2022). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA -- Animal Friends Jogja (AFJ) mendorong kebijakan agar model kandang baterai yang digunakan dalam industri peternakan tidak lagi digunakan. Pasalnya, kandang baterai tak sesuai dengan konsep kesejahteraan hewan.

Program Manager AFJ Angelina Pane berharap kebiajakan tersebut bisa terealisasikan sepenuhnya, setidaknya pada 2030. "Bagaimanapun persoalan kesejahteraan hewan telah menjadi isu prioritas tanggung jawab sosial perusahaan-perusahaan di seluruh dunia,” katanya dalam Diskusi Kelompok Terpumpun bertajuk Peningkatan Kesejahteraan Satwa yang Diternakkan Khususnya Ayam dan Bebek, Kamis (14/7/2022).

Advertisement

Menurutnya, saat ini terjadi pergeseran besar dalam industri makanan global ke arah pengadaan produk hewan. Itulah sebabnya, produksi pangan hendaknya dilakukan dengan cara yang lebih beretika dan sesuai dengan standar kesejahteraan hewan. “Termasuk ini soal telur ayam atau bebek sudah di banyak negara justru sudah bebas kandang baterai,” jelasnya.

BACA JUGA: Soal Sekolah Jual Seragam: Regulasinya Komplet, Pengawasannya Kurang

Itulah sebabnya, dia berharap ada upaya edukasi dan sosialisasi lebih intens dengan melibatkan akademisi dan institusi terkait. "Selain itu, peraturan harus lebih jelas, khususnya terkait dengan sanksi, kontrol, dan pengawasan,” ucap Angelina.

Sementara itu, Subkoordinator Kelompok Substansi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner DPKP DIY, Caecilia Ika Kushartanti menjelaskan perlunya ada desiminasi informasi lebih luas untuk mengampanyekan kesejahteraan hewan khususnya di kalangan peternak.

“Termasuk menghilangkan model kandang batrei karena selama ini belum banyak peternak yang tahu bahwa model seperti itu tidak baik pada hewan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenag Ingin Pesawat Angkutan Haji Tidak Lagi Delay

News
| Sabtu, 25 Mei 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Kyoto Jepang Larang Turis Kunjungi Distrik Geisha di Gion, Ini Alasannya

Wisata
| Kamis, 23 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement