Advertisement

Harga Cabai dan Bawang Merah di Sleman Masih Melejit

Anisatul Umah
Sabtu, 16 Juli 2022 - 13:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Harga Cabai dan Bawang Merah di Sleman Masih Melejit Pedagang di Pasar Tradisional Gowok Caturtunggal, Sleman Sumiyati sedang berjualan di lapaknya, Sabtu (16/7/2022). Anisatul Umah - Harian Jogja.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Harga dua komoditas pangan yakni cabai dan bawang merah masih tinggi di Kabupaten Sleman. Salah satu pedagang di Pasar Tradisional Gowok, Caturtunggal Sumiyati, 64 mengatakan harga bawang merah saat ini Rp60.000 per kg.

Sementara untuk cabai keriting Rp70.000 per kg, cabai hijau Rp70.000 per kg, dan cabai rawit Rp65.000 per kg. "Yang masih mahal ya cabai sama brambang [bawang merah]," ucapnya kepada Harian Jogja, Sabtu (16/7/2022).

Meski terbilang masih tinggi, harga cabai menurutnya sudah turun dari sebelumnya di kisaran Rp80.000-Rp90.000 per kg. "Kalau cabai gak ada harga normal, ganti jam bisa ganti harga, sekarang sedang turun," lanjutnya.

Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Sleman, Budiharjo mengatakan harga cabai dan bawang merah berada di level harga tinggi. Sementara daging dan bawang putih masih normal.

Baca juga: Turun Cuma Rp5.000, Segini Harga Cabai di Kulonprogo

"Demikian juga untuk telur dan daging ayam, masih di atas harga acuan yang ditetapkan pemerintah yakni Rp24.000 untuk telur dan Rp35.000 untuk daging ayam," paparnya.

Dia menjelaskan faktor yang mempengaruhi tingginya harga cabai dan bawang merah adalah cuaca. Saat ini masih kerap turun hujan, mestinya sudah masuk musim kemarau.

"Sehingga menyebabkan cabai dan bawang terkena jamur, menurunkan hasil panen yang menyebabkan pasokan ke pasar berkurang, pada akhirnya mengontrol harga," jelasnya.

Sementara untuk komoditas telur dan daging ayam kenaikan harga disebabkan karena kenaikan pakan. Dari sisi permintaan juga mengalami kenaikan karena banyak orang sedang menggelar hajatan ditambah dengan masa liburan.

"Bulan besar banyak orang punya hajatan mantu [menikah] dan masa liburan, sehingga warung, restoran, dan hotel sudah penuh. Suplai dan permintaan pengaruhi harga, namun ketersediaan masih cukup," tuturnya.

Advertisement

Kepala Bidang Usaha Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman Nia Astuti mengatakan harga komoditas pangan yang masih tinggi yakni cabai, bawang merah, ayam, dan telur.

"Kalau daging sapi dan bawang putih masih relatif terkendali," paparnya.

Naiknya harga cabai dan bawang merah dia sebut karena faktor cuaca. Masih terjadinya hujan menyebabkan tanaman cabai dan bawang rusak.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hubungan dengan Keluarga Merenggang, Pria Ini Kencingi Makam Mantan Istri Setiap Hari

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement