Advertisement

Pembangunan Gedung DPRD Gunungkidul Belum Juga Dimulai, Ternyata Ini Alasannya

David Kurniawan
Minggu, 17 Juli 2022 - 15:17 WIB
Arief Junianto
Pembangunan Gedung DPRD Gunungkidul Belum Juga Dimulai, Ternyata Ini Alasannya Pemotor melintas di depan gedung DPRD Gunungkidul. Bangunan lama sudah tidak ada lagi karena tahun ini Pemkab berencana membangun yang baru. Foto diambil, Minggu (17/7/2022). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL -- Pembangunan gedung DPRD Gunungkidul hingga kini belum ada perkembangan signifikan meski penghapusan aset sudah selesai.

Pemkab Gunungkidul berdalih hingga sekarang pihaknya masih melelang proyek pembangunan gedung tersebut dan diperkirakan baru selesai pada pertengahan Agustus mendatang.

Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Nanang Irawanto mengatakan awalnya tanda tangan kontrak dengan rekanan pemenang lelang pembangunan gedung DPRD ditargetkan selesai pada bulan ini.

Namun demikian, hal tersebut belum bisa direalisasikan karena hingga sekarang masih tahap lelang di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa. “Timeline ya Juli sudah kontrak, tetapi ternyata lebih banyak waktu untuk persiapan dan proses lelang,” kata Nanang, Minggu (17/7/2022).

BACA JUGA: Jurus Pemprov Jateng Turunkan Penduduk Miskin

Menurut dia, ada beberapa faktor yang membuat target sedikit meleset. Selain adanya penyesuaian dengan model dokumen pengadaan, juga ada syarat review dari Inspektorat Daerah.

Review dilakukan sesuai arahan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dengan proyek strategis yang dimiliki pemkab. Adapun pelaksanaannya menyangkut dengan masalah spesifikasi program serta harga perkiraan sendiri yang akan ditayangkan dalam dokumen lelang.

Nanang menilai, persetujuan dari inspekorat membutuhkan waktu sehingga proses berpengaruh terhadap pelaksanaan lelang. Meski ada keterlambatan, dia memastikan tidak ada masalah karena pengerjaan tetap sesuai rencana, yakni selama 480 hari kalender.

“Untuk pengerjaan dilakukan dengan model tahun jamak sehingga hanya membutuhkan sekali lelang,” katanya.

Kepala Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa, Setda Gunungkidul, Agus Subaryanto mengatakan proyek pembangunan gedung DPRD masih di tahapan lelang. Menurut dia, tahapan penawaran untuk mencari pemenang lelang untuk pengerjaan. “Masih proses dan mudah-mudahan berjalan dengan lancar,” katanya.

Advertisement

Agus menuturkan sudah membuat jadwal terkait dengan proses lelang pembangunan gedung dewan. Setelah ditentukan pemenangnya, akan ada masa sanggah yang diberikan waktu selama empat hari. “Untuk tanda tangan kontrak, kami jadwalkan hingga 15 Agustus sudah terlaksana,” katanya.

BACA JUGA: Uang Jutaan Rupiah Hilang Tersapu Gelombang Pantai Indrayanti

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Gunungkidul, Sri Suhartanto menambahkan, pembongkaran gedung lama DPRD sudah dilakukan sejak 1 Juni lalu. Adapun prosesnya melalui mekanisme lelang lewat Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) milik Kementerian Keuangan.

Advertisement

Hasil dari lelang, Pemkab Gunungkidul mengumpulkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sekitar Rp600 juta. “Penghapusan aset memang lewat lelang dan pemenang diwajibkan menyetorkan ke kas daerah sebesar Rp600 juta,” ujarnya.

Untuk diketahui pembangunan gedung DPRD diperkirakan memakan anggaran sebesar Rp42 miliar. Tahun ini pembangunan membutuhkan biaya Rp12 miliar dan sisanya sebesar Rp30 miliar dikerjakan pada 2023.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hubungan dengan Keluarga Merenggang, Pria Ini Kencingi Makam Mantan Istri Setiap Hari

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement