Advertisement

Nyaris Roboh, Masjid di Kalibawang Ini Akhirnya Direnovasi

Catur Dwi Janati
Senin, 18 Juli 2022 - 21:17 WIB
Arief Junianto
Nyaris Roboh, Masjid di Kalibawang Ini Akhirnya Direnovasi Suasana peresmian renovasi masjid At-taqwa di Semawung, Banjarharjo, Kalibawang pada Senin (18/7/2022). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO -- Masjid At-Taqwa yang berada di Semawung, Kalurahan Banjarharjo, Kapanewon Kalibawang yang kondisinya rusak parah dan nyaris ambruk, akhirnya mendapatkan bantuan.

Organisasi kepemudaan yang berafiliasi dengan PBB, Jumior Chamber Internet (JCI) Jogjakarta bersama Teleperformance Indonesia memberikan bantuan renovasi masjid tersebut. Sebelumnya, bagian tengah masjid hanya disangga bambu dan rawan banjir saat musim hujan.

Local President JCI Jogjakarta, Ibrahim Hasan menerangkan sebagai organisasi nasional pemuda nonpolitik dan nonsektarian yang berafiliasi pada PBB, JCI banyak melakukan aktivitas kemanusiaan di lingkungan masyarakat.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

BACA JUGA: Kantor J&T Sentolo Dibobol Maling, Ini Ciri-Ciri Pelakunya

Di Semawung, Banjarharjo, Kalibawang, JCI dan Teleperformance Indonesia merenovasi sejumlah masjid yang menjadi salah satu pusat aktivitas warga. "Kami adalah organisasi kepemudaan dunia yang berafiliasi dengan PBB kita tidak mengumpulkan dana sumbangan, jadi kita bermitra. Karena kami ada bagian humanity jadi bekerja sama dengan stakeholder dari pemerintah, perusahan-perusahaan swasta ataupun komunitas komunitas yang ada di Jogja dan Indonesia," ujar dia, Senin (18/7/2022).

Kali ini bersama Teleperformance Indonesia JCI mengaplikasikan kegiatannya yang berkaitan dengan sustainable development. Pasalnya kondisi masjid At-taqwa sangat memprihatinkan. Menurut Ibrahim atap-atap masjid yang ada sebelumnya sudah tidak layak.

"Atap-atapnya ini sudah tidak layak, sudah pakai penjaga [penyangga], pakai bambu. Jadi kita ganti, terus tempat wudhu, kamar mandi, depannya juga sudah tidak layak untuk dipakai," ujarnya.

Direktur Marketing, Teleperformance Indonesia, Irma Rosmala Dewi sebelumnya telah melakukan survei lokasi masjid At-taqwa. Survei sebelumnya telah dilakukan meliputi banyak aspek, termasuk fasilitas dan jauh tidaknya lokasi masjid dengan pemukiman warga.

Menurutnya kondisi masjid At-taqwa memang cukup memprihatinkan dan rawan banjir saat hujan. "Jadi di tengah masjid sudah ada tiang penyangga, jadi kalau dicopot atau dilepas itu sudah pasti runtuh semua ambruk. Kalau hujan pasti bocor dan hujan itu pasti banjir," tandasnya.

Advertisement

BACA JUGA: Jangkau Lokasi Terpencil, PLN Susuri Medan Berat Untuk Sambung Listrik

Staf Ahli Bupati Kulonprogo, Bambang Sutrisno mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung renovasi pembangunan masjid At-taqwa. Dia berharap kegiatan semacam ini dapat menjadi contoh, bahwa renovasi masjid bisa didukung oleh pihak swasta melalui CSR.

"Yang penting dana itu sah, halal, sehingga untuk membangun masjid seperti ini semoga bisa menjadi bekerja bagi semuanya," tukasnya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

PKS DIY Dukung Anies Baswedan Jadi Capres

PKS DIY Dukung Anies Baswedan Jadi Capres

Jogjapolitan | 52 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini

Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ferdy Sambo Mengaku Habisi Brigadir J karena Cinta Istri

News
| Rabu, 05 Oktober 2022, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement