Advertisement

Seksi 3 Tol Jogja-Solo, Tim Masih Tunggu IPL dari Pemda DIY

Abdul Hamied Razak
Rabu, 20 Juli 2022 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Seksi 3 Tol Jogja-Solo, Tim Masih Tunggu IPL dari Pemda DIY Foto ilustrasi. - ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Pihak BPN menegaskan untuk seksi 3 Tol Jogja Solo (Gamping-YIA), tim pengadaan lahan jalan tol masih menunggu Izin Penetapan lokasi (IPL) dari Pemda DIY. Jika penetapan lokasi sudah rampung, tim akan melakukan proses inventarisasi dan identifikasi lahan.

 "Kalau IPLnya selesai, kami lakukan sosialisasi. Tapi kami masih menunggu dulu penetapan IPL [seksi 3]. Kami tetap optimistis tahun ini selesai [pembebasan]," kata Kepala Kanwil BPN DIY, Suwito, Selasa (13/7/2022).

Advertisement

Sementara terkait perubahan IPL Jalan Tol Jogja-Bawen, ia menjelaskan jika revisi penlok (penetapan lokasi) untuk ruas jalan tol tersebut masih berproses. Revisi IPL untuk Jogja-Bawen dilakukan terkait dengan penambahan luas lahan untuk konstruksi tol di atas selokan mataram. "Berapa luas lahan yang dibutuhkan, kami masih menunggu laporan dari tim perencana," katanya.

PPK Satker Pelaksana Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Jogja-Solo wilayah DIY, Dian Hardiyansyah mengatakan sejauh ini pihaknya belum menemukan hambatan untuk pengadaan tanah. Bahkan, pengadaan lahan tol untuk seksi 1 Jogja-Solo progresnya lebih cepat dibandingkan konstruksi.

Baca juga: Izin Penetapan Lokasi Tol Jogja Solo Diperpanjang Sampai Juli 2023

"Penyerapan anggaran pembebasan lahan di LMAN juga paling tinggi dibandingkan PSN lainnya. Angkanya mencapai Rp800 miliar, itu belum termasuk yang diajukan lagi ke LMAN," katanya.

Dian mengklaim, seluruh tahapan pengadaan tanah masih on the track. Setelah Selomartani, pengadaan lahan akan bergerak ke Tirtomartani dan Bokoharjo. Setelah itu, lanjutnya, proses pengadaan lahan akan dilanjutkan ke seksi 2 di Tirtoadi, Tlogoadi dan Trihanggo. "Di sana ada yang sudah dan ada yang masih periode pengumuman (tim appraisal)," katanya.

Dian mengatakan, target pengadaan tanah untuk seksi 1 hingga Purwomartani Kalasan dan Maguwoharjo Depok, diselesaikan tahun ini. Begitu juga untuk seksi 2, khususnya tiga kalurahan (Tirtoadi, Tlogoadi, Trihanggo). Hal itu terkait dengan pembangunan jalan tol Jogja-Bawen.

"Pengadaan lahan untuk seksi 1 plus Maguwoharjo dan tiga kalurahan di seksi 2 meliputi Tirtoadi, Tlogoadi, Trihanggo anggaran pengadaan lahannya tahun ini," katanya.

Untuk seksi 3 Tol Jogja-Solo, Dian mengatakan masih menunggu jadwal sosialisasi dari Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) DIY. "Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR) dari Pemerintah Pusat terkait Izin Penetapan Lokasi (IPL) pembangunan tol Jogja-YIA sudah kami sampaikan ke Pemda, tinggal menunggu jadwal sosialisasi saja," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

SYL Bebani Anak Buah di Kementan Rp800 Juta untuk Jalan-jalan ke Brasil dan AS

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement