Advertisement

Esti Wijayati Ingatkan Bantuan PIP Jangan Sampai Meleset

Galih Eko Kurniawan
Kamis, 21 Juli 2022 - 01:07 WIB
Galih Eko Kurniawan
Esti Wijayati Ingatkan Bantuan PIP Jangan Sampai Meleset Sosialisasi bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) yang dilakukan anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan, Esti Wijayati, di Gedung Serbaguna Condongcatur, Sleman, beberapa waktu lalu. - Harian Jogja - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) untuk anak sekolah yang segera cair dalam waktu dekat perlu kesiapan berbagai pihak agar tidak meleset penggunannya.

Orang tua dan sekolah jadi elemen yang sangat menentukan bantuan PIP bisa berjalan sesuai dengan peruntukannya guna menunjang kelancaran belajar anak-anak peserta didik.

Hal itu diungkapkan anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan, MY Esti Wijayati, dalam sosialisasi PIP yang diikuti perwakilan sekolah dan orang tua muris penerima PIP di Sleman, Senin (18/7/2022).

“Penggunaannya jangan sampai mletre [meleset]. PIP bukan untuk menyumbang hajatan, beli rokok, beli bedak ataupun lipstik. Orang tua wali murid dan sekolah mesti ikut menentukan program ini berjalan baik tepat penggunaannya untuk menunjang kegiatan pembelajaran anak-anak peserta didik,” tuturnya.

Esti menyarankan sekolah untuk bersedia mendampingi setiap anak dalam pencairan PIP ke bank-bank yang telah ditunjuk pemerintah, termasuk sampai dalam penggunaannya. Untuk sekolah swasta yang diperbolehkan memberlakukan iuran SPP, bantuan PIP dapat diprioritaskan untuk menyelesaikan tunggakan-tunggakan pembayaran.

Dalam sosialisasi berlangsung, Esti selalu menyampaikan beberapa persyaratan penting dalam proses pencarian PIP di tahap aktivasi bank, seperti menyerahkan fotokopi kartu tanda penduduk orang tua, fotokopi kartu keluarga serta surat pengantar dari sekolah.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa menilai sosialiasi PIP yang dilakukan Esti memberi kepastian penerima PIP untuk warga Sleman pada tahun ajaran ini. Apalagi Pemkab Sleman juga punya kebijakan program serupa untuk membantu siswa pelajar yang disiapkan dari sumber APBD Sleman.

Kegiatan sosialiasi PIP diselenggarakan Esti Wijayati selama dua pekan mulai 14 Juli 2022 sampai 27 Juli 2022 di 13 titik, seperti di Gedung Serbaguna Kelurahan Trimulyo, Gedung Serbaguna Condong Catur, Gedung Serbaguna Bokoharjo dan Gedung Serbaguna Pakembinangun.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemkot Magelang Berikan Proteksi Praktik Dokter

News
| Jum'at, 30 September 2022, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement