Advertisement

Anggota DPRD Jogja Heran Suporter Solo Tak Jadi Tersangka Kericuhan

Triyo Handoko
Rabu, 27 Juli 2022 - 20:37 WIB
Budi Cahyana
Anggota DPRD Jogja Heran Suporter Solo Tak Jadi Tersangka Kericuhan Konferensi pers penetapan tersangka kasus kerusuhan suporter yang digelar di Lobi Polres Sleman, Selasa (26/7/2022). - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Penetapan tersangka kerusuhan yang melibatkan suporter Persis Solo dan sejumlah warga di DIY pada Selasa (26/7/2022) oleh polisi dinilai kurang tepat.

Anggota Komisi B DPRD Jogja Antonius Fokki Ardiyanto menilai lima orang tersebut tak semestinya ditindak dengan pendekatan hukum. Ia berharap penindakan kepolisian harusnya menggunakan pendekatan kemasyarakatan. Pasalnya lima orang tersebut, menurut Fokki, hanya terprovokasi semata.

Advertisement

BACA JUGA: Polisi Tetapkan Lima Tersangka Rusuh Suporter Jogja-Solo

“Mereka ini hanya merespons apa yang terjadi di kotanya, kebetulan responsnya emosional,” ujar Fokki, Rabu (27/7/2022).

Lima orang yang ditetapkan tersebut, jelas Fokki, juga masih muda dan memiliki masa depan sehingga tidak tepat juga jika diancam hukuman 10 tahun penjara melalui Undang-undang Darurat, seperti yang didakwakan.

Fokki yang juga merupakan suporter lawas PSIM ini juga turut mendampingi lima suporter yang ditangkap di Polsek Mlati, Selasa (26/7). “Ada satu suporter yang jadi korban karena ada luka-luka, kok malah dibawa ke Polsek dulu bukannya ke rumah sakit dulu,” ujarnya.

BACA JUGA: Seorang Tukang Parkir Kritis Gegara Rusuh Suporter Jogja-Solo

Tindakan penangkapan tersebut, menurut Fokki, tidak tepat. “Apalagi dari suporter Solo belum ada yang ditangkap hingga sekarang padahal mereka yang terlebih dulu memprovokasi,” jelasnya.

Sementara ini Fokki masih menunggu aspirasi warga Jogja lainnya terhadap penetapan tersangka tersebut. “Saya siap mengawal ini, mereka harus diperjuangkan karena masih muda-muda dan memiliki masa depan,” tandasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement