Advertisement

Stan DPRD Bantul Dikunjungi Ribuan Orang

Media Digital
Rabu, 27 Juli 2022 - 06:47 WIB
Jumali
Stan DPRD Bantul Dikunjungi Ribuan Orang Wakil Ketua Komisi B DPRD Bantul Aryunadi (depan kiri) dan Sekretaris DPRD Bantul Prapto Nugroho (depan kanan) berfoto bersama dengan sejumlah anggota Sekretariat DPRD Bantul di stan DPRD Bantul acara Bantul Creative Expo di Pasar Seni Gabusan, Senin (25/7/2022) malam. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bantul menjadi salah satu lembaga yang ikut berkontribusi dalam kegiatan Bantul Creative Expo dengan mendirikan stan.

Stan DPRD yang diselenggarakan selama lima hari dari 21-25 Juli tersebut dikunjungi ribuan orang. Hal itu berdasarkan dari daftar hadir kemudian mengisi kuisioner di stan tersebut yang mencapai lebih dari 3.000 orang.

Sekretaris DPRD Bantul, Prapto Nugroho mengatakan keberadaan stan untuk menginformasikan capaian-capaian yang sudah dilakukan DPRD Bantul baik berupa peraturan daerah (Perda) dan kebijakan.

Dalam stan yang bekerjasama dengan Bank BPD DIY tersebut juga disampaikan profil masing-masing anggota DPRD dan juga fungsi-fungsi alat kelengkapan Dewan, salah satunya komisi. Selain itu masyarakat juga dapat mengetahui jika ada keluhan, aspirasi, atau ide-ide terkait pembangunan Bantul kemana harus mengadu dan lewat komisi apa.

“Intinya keberadaan stan ini sebagai ajang edukasi kepada masyarakat terkait kinerja Dewan termasuk penjaringan aspirasi masyarakat oleh Dewan, dan juga fungsi-fungsi alat kelengkapan Dewan” kata Prapto, Selasa (26/7/2022).

“Misalnya masyarakat akan mengadu soal kerusakan jalan haru kemana, mau mengadu soal pertanian harus mengadu kemana, itu kami jelaskan melalui stan tersebut,” tambah Prapto.

Tidak disangka, keberadaan stan tersebut menjadi salah satu terbaik yang dinilai oleh panitia penyelenggara Bantul Creative Expo dengan hadiah sebesar Rp2,5 juta plus piala sebagai terbaik ketiga.

Sementara terbaik pertama diraih oleh stan Kapanewon Bambanglipuro dan terbaik kedua diraih oleh Kapanewon Bantul. Penilaian tersebut dilihat dari desain stan dan juga fungsi informatif kepada masyarakat.

Lebih lanjut, Prapto mengatakan stan DPRD rutin digelar di acara Bantul Creativ Expo, kecuali selama 2020 dan 2021 yang ditiadakan karena pandemi Covid-19. Ia berharap dengan adanya stan tersebut masyarakat bisa mengetahui apa kinerja Dewan selama ini dan bagaimana masyarakat harus menyampaikan aspirasinya jika mendapatkan persoalan atau aduan di lapangan.

Tidak hanya menyampaikan informasi, namun stan DPRD juga menyediakan hadiah bagi pengunjung yang beruntung dengan hadiah utama sepeda gunung, kemudian dispenser, kompor, setrika, kipas dan blender. Hadiah utama yang diundi langsung oleh Wakil Ketua Komisi B DPRD Bantul, Aryunadi. Pemenang hadiah utama adalah Harum Haryati dai Kalurahan Gadingsari, Kapanewon Sanden, Bantul.

Advertisement

Sementara jumlah pengunjung berdasarkan daftar hadir dan mengisi kuisioner ada lebih dari 3.000 orang. Aryunadi menyambut baik keberadaan stan tersebut sebagai ajang menginformasikan pada masyarakat terkait apa yang dilakukan Dewan termasuk bagaimana masyarakat ketika akan menyampaikan aspirasi melalui DPRD Bantul.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

20 Ucapan HUT ke-77 RI dan Quotes Kemerdekaan

News
| Rabu, 17 Agustus 2022, 08:07 WIB

Advertisement

alt

Tiket Masuk Borobudur dan Pulau Komodo Naik, Sandiaga Uno: Tidak Semua Tiket Destinasi Naik!

Wisata
| Senin, 15 Agustus 2022, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement