Advertisement

Hiu Tutul Raksasa Mati dan Terdampar di Pesisir Kulonprogo

Lajeng Padmaratri
Rabu, 27 Juli 2022 - 13:27 WIB
Bhekti Suryani
Hiu Tutul Raksasa Mati dan Terdampar di Pesisir Kulonprogo Petugas mengevakuasi seekor hiu tutul yang ditemukan mati terdampar di Muara Sungai Bogowonto, Pantai Congot, Kapanewon Temon, Kulonprogo, Rabu (27/7/2022).-Harian Jogja - Lajeng Padmaratri

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO- Seekor hiu tutul ditemukan terdampar di Muara Sungai Bogowonto, Pantai Congot, Kapanewon Temon, Kulonprogo. Kondisinya mati dan membusuk.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa (SRI) Wilayah V Kulonprogo, Aris Widiatmoko mengatakan hiu tutul itu sudah ditemukan pada Selasa (26/7/2022) malam. Namun, karena kondisi gelap, maka evakuasi baru dilakukan Rabu (27/7/2022) pagi.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Berdasarkan hasil pemeriksaan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta, hiu tutul ini memiliki panjang 8 meter, lingkar kepala 3 meter, dan lebar total badan mencapai 4 meter.

BACA JUGA: Ini Pandangan Psikolog Forensik UGM Soal Rusuh Suporter Jogja-Solo

Satwa laut itu diduga mati di lautan lalu terbawa arus sampai ke Muara Bogowonto. Diperkirakan, hiu tutul itu mati akibat perburuan. Sebab, ada temuan lubang bekas luka pada bagian kanan tubuh hiu tersebut seukuran jari orang dewasa.

Polisi Hutan BKSDA Yogyakarta, Gunadi menduga luka itu mengindikasikan bekas tembakan dari pemburu. Namun, bukan senjata api, melainkan semacam jangkar atau tombak yang berfungsi menarik tubuh ikan untuk dibawa ke kapal atau daratan.

"Tapi karena agresifnya satwa tadi, tidak sampai menembus daging, cuma kulitnya. Jadi hanya terluka kemudian melarikan diri. Kemungkinan karena sudah ada luka itu lalu menyebabkan kematian," terangnya. 

Gunadi menduga bahwa kematian hiu tutul ini akibat perburuan liar yang mengincar bagian sirip hiu. Diketahui, bagian sirip hiu termasuk dalam komoditas buruan karena harganya yang tinggi.

Advertisement

"Ini masih praduga, jadi bukan kepastian," tegasnya. 

Gunadi mengatakan jika benar hiu tersebut mati karena perburuan, ada kemungkinan pelakunya adalah perusahaan perikanan berskala besar. Kecil kemungkinan nelayan setempat yang menjadi pelakunya.

Setelah dievakuasi, bangkai hiu tutul itu dikuburkan di tepi Muara Sungai Bogowonto. 

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seribu Pelajar Menari Jaran Kepang di Alun-Alun Temanggung

News
| Minggu, 27 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement