Advertisement

Menteri ATR: Pemuda Ujung Tombak Masalah Agraria

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 30 Juli 2022 - 16:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Menteri ATR: Pemuda Ujung Tombak Masalah Agraria Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto meminta pemuda Indonesia ikut serta mengatasi masalah agraria di Indonesia.

Hadi berharap, para Taruna-Taruni SPTN bisa menjadi ujung tombak dalam menyelesaikan sengketa konflik agraria termasuk menyelesaikan mafia tanah

Advertisement

"Para Taruna Taruni SPTN harus menjadi ujung tombak, garda terdepan dan benteng terakhir masalah agraria di Indonesia. Tujuannya agar ke depan tidak ada lagi permasalahan tanah," ujarnya di hadapan para Taruna dan Taruni Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN), Jumat (30/7/2022). .

Ketua STPN Senthot Sudirman mengatakan saat ini SPTN terus melakukan pengembangan program kelembagaan dengan membentuk empat program studi baru. Meliputi Prodi D-IV (Sarjana Terapan) Survei, Pemetaan dan SIP (Digital), Prodi D-IV (Sarjana Terapan) Penilai Pertanahan (Digital), Prodi D-IV (Sarjana Terapan) Tata Ruang dan Administrasi Pertanahan Daerah (Digital) dan Prodi S2-Terapan Manajemen Pertanahan.

Baca juga: Waspada! Ini Modus Mafia Tanah yang Paling Sering Terjadi

"Trasformasi STPN dari Sekolah Tinggi menjadi Politeknik masih dalam proses. Begitu juga dengan transformasi STPN dari Satker Pendidikan Biasa ke BLU-Pendidikan," katanya.

Dari 34 Pemda yang sudah bekerjasama, sebanyak 21 Pemda mendandatangi perjanjian kerja sama dengan STPN. Pemda-pemda ini menjadi Mitra Prodi STPN yang berperan untuk memberikan masukan penyusunan/revisi kurikulum, tempat magang kerja taruna STPN, dan pemberi lapangan pekerjaan lulusan.

"Oleh karena itu, dengan konsep kampus merdeka ini lulusan STPN sebagian akan diterima oleh Pemda pengirim sebagai mitra kerjanya. Ini bermakna bahwa tidak seluruh lulusan STPN ke depan bekerja di lingkungan Kementerian ATR/BPN," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement