Advertisement

Pecah! 4 Vokalis Dewa 19 Tampil Sepanggung

Anisatul Umah
Minggu, 07 Agustus 2022 - 16:37 WIB
Arief Junianto
Pecah! 4 Vokalis Dewa 19 Tampil Sepanggung Konser Dewa 19 di Candi Prambanan, Sabtu (6/8/2022) malam. - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Konser bertajuk 30 Tahun Dewa 19 di Candi Prambanan Sabtu (6/8/2022) pecah! Grup band legendaris asal Surabaya yang usianya tak lagi muda dan lagunya dinikmati dari masa ke masa, membuat penontonnya datang dari lintas generasi.

Sabtu sore, sekitar jam 17.00 WIB area parkir Candi Prambanan yang biasanya hanya diisi oleh bus-bus wisata, beberapa bus berstiker Dewa 19 tampak terparkir.

Sementara di area candi, Baladewa dan Baladewi mengenakan kaos hitam berlogo Dewa 19 lengkap dengan bendera Laskar Cinta tampak asik berswafoto.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Sore yang cerah dipadupadankan dengan suasana candi menjadi bonus bagi penonton konser, selain bisa dihibur oleh personel lengkap Dewa 19.  

BACA JUGA: Dewa 19 di Prambanan Malam Ini, 4 Vokalis 2 Drummer Full Team Manggung Bareng

Menjelang pukul 20.00 WIB, konser megah berlatar Candi Prambanan ini dibuka dengan lagu Restoe Boemi yang dibawakan vokalis anyar Dewa, Ello featuring Virzha. Riuh tepuk tangan dan teriakan penonton membuat konser malam itu dibuka dengan sangat pecah. 

 "Prambanan suaranya mana? Sebanyak ini suaranya cuma segitu," teriak Virzha.

Selanjutnya, sebagai lagu kedua, grup band yang digawangi oleh Ahmad Dhani itu tampil membawakan hit Kita Sedang Tidak Ingin Bercinta. Menjelang lagu ketiga berjudul Still I Am Sure We'll Love Again Ahmad Dhani menceritakan sejarah lagu ini. 

Lagu ini diciptakan almarhum Erwin Prasetya pada 1993 saat Dhani masih berusia 21 tahun. "Dia bikin nada saya liriknya dalam bahasa Inggris dalam album kedua yang dirilis 1994. Jadi kami kembali 28 tahun lalu. Still I Am Sure We'll Love Again," kata Dhani. 

Advertisement

Malam itu semua personel Dewa 19 terlihat interaktif dengan penonton. Virzha juga mengajak penonton yang duduk di kursi depan untuk berdiri dan joget bersama. "Boleh lo berdiri joget-joget nikmati enjoy this night. Karena enggak pernah kita gini," ucapnya. Semua penonton pun berdiri. 

BACA JUGA: Pecah Rekor! Pengabdi Setan 2 Ditontot 700 Ribu Orang di Hari Pertama Tayang

Dhani menjadi yang paling sering menceritakan sejarah-sejarah dari lagu yang dibawakan dalam konser. Salah satunya lagu berjudul Bayang-Bayang.

Advertisement

Lagu yang dirilis Oktober 1992 ini liriknya ia buat berdasarkan pengalaman pribadi.  "Waktu itu saya ngerayu ibunya Al, El, Dul, judulnya Bayang-Bayang," kenang Dhani. 

Semakin malam, penonton kian riuh dan bernyanyi bersama. Setidaknya, lima lagu terakhir yang dibawakan Dewa 19, Cemburu, Kirana, Kangen, Kamulah Satu-satunya, dan Separuh Nafas dilahap oleh penonton,

Menjelang berakhirnya konser, Ari Lasso yang baru saja sembuh dari kanker membuat haru suasana. Dia mengatakan terima kasih kepada penonton.  

Lasso terlihat benar-benar bersyukur masih bisa berdiri di panggung, menghibur Baladewa dan Baladewi. "Terima kasih sudah mencintai saya apa adanya," ujar Ari. 

Advertisement

Di akhir konser, semua personel Dewa 19 satu persatu diminta menyapa dan berinteraksi dengan penonton. Termasuk Tyo Nugros, drummer yang bolak balik disebut Dhani paling ganteng. Dia bahkan berdiri dari tempat duduknya dan maju ke depan menyapa penonton. 

Penonton Dewa 19 dari Usia 20-an Sampai 50-an 

Sebagai band gaek Tanah Air, penggemar Dewa 19 ternyata bukan saja dari generasi lawas. Dalam konser yang di gelar di Prambanan ini usia penontonya bervariasi, mulai dari 20-an hingga 50-an tahun. Bahkan banyak dari mereka rela repot-repot datang dari luar Jogja khusus untuk nonton Dewa 19.

Advertisement

Rudi Priyambodo, 52, datang bersama istrinya sejak dua hari lalu khusus untuk nonton Dewa 19. Dia mengidolakan band legendaris ini sejak masih kuliah. "Sejak dua hari lalu datang dari Jakarta, suka Dewa 19 dari kuliah. Saya sama istri sama-sama suka Dewa 19," ucapnya. 

Dari semua lagu Dewa 19 dia mengaku paling suka dengan lagu berjudul Restoe Boemi. Sementara vokalis favoritnya adalah Once, vokalis kedua favoritnya adalah Ari Lasso. Suara kedua vokalis tersebut menurutnya berkarakter.  "Kalau vokalis baru rata-rata sama [suaranya dengan penyanyi lain] kalau Once dan Ari Lasso khas," tuturnya. 

Penonton lainnya, Meti, 58 datang bersama anaknya yang sama-sama suka Dewa 19 dari Bandung. "Datang sama anak dari Bandung, emang sama-sama suka musik," ucapnya singkat.  

Riza, 36 dan Taufik, 37. Sepasang suami istri ini datang dari Bogor naik kereta dan baru tiba di Jogja pagi di hari konser akan digelar. Bersama suaminya Riza mengaku akan tinggal di Jogja hingga Selasa pekan depan untuk berlibur. "Sudah lama sejak zaman galau suka Dewa 19. Ini momen pas 30 tahun pertama kali nonton full team," ucapnya. 

Sementara Taufik menyebut lagu-lagu Dewa dari masa ke masa memiliki karakter yang berbeda. Masuknya Virzha sebagai vokalis baru dia sebut mengikuti masanya. "Dari masa ke masa beda-beda karakter [lagunya]," paparnya. 

Konser bertajuk 30 tahun Dewa 19 ini digelar istimewa dengan empat vokalis dan dua drummer. Empat vokalis yang tampil yakni Ari Lasso, Once Mekel, Ello, dan Virzha. Dimeriahkan juga dengan kehadiran Tyo Nugros sebagai mantan drummer grup band tersebut.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini

Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ferdy Sambo Mengaku Habisi Brigadir J karena Cinta Istri

News
| Rabu, 05 Oktober 2022, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement