Advertisement

Penetapan Sultan HB X sebagai Gubernur DIY 2022-2027 Diwarnai Tepuk Tangan & Kata Setuju

Sunartono
Selasa, 09 Agustus 2022 - 20:37 WIB
Bhekti Suryani
Penetapan Sultan HB X sebagai Gubernur DIY 2022-2027 Diwarnai Tepuk Tangan & Kata Setuju Ketua DPRD DIY Nuryadi saat menandatangani Keputusan DPRD DIY tentang penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY periode 2022-2027 dalam rapat paripurna DPRD DIY, Selasa (9/8/2022). - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan Paku Alam X secara resmi telah ditetapkan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DIY periode 2022-2027 dalam rapat paripurna DPRD DIY, Selasa (9/8/2022). 

Rapat paripurna pada Selasa merupakan tindak lanjut dari Rapur pada Senin (8/8/2022). Pada hari sebelumnya calon Gubernur DIY telah memaparkan visi misi pembangunan DIY untuk periode 2022-2027. Adapun Rapur pada Selasa ini dengan agenda pandangan umum Fraksi di DPRD DIY terhadap visi misi yang disampaikan calon Gubernur DIY. 

Proses penetapan Sultan HB X sebagai Gubernur DIY itu dilakukan setelah penyampaian pandangan fraksi fraksi dan dipimpin oleh Ketua DPRD DIY Nuryadi. Setelah semua fraksi menyampaikan pandangan sekitar lebih dari 60 menit secara bergantin, kemudian pimpinan rapat memberikan kesempatan kepada Sekretaris DPRD DIY Haryanta untuk membacakan rancangan Keputusan DPRD DIY tentang Penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY periode 2022-2027. 

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

“Para peserta rapur yang kami hormati demikian tadi redaksi rancangan Keputusan DPRD DIY sudha dibacakan, kami mohon persetujuan pakah rancangan ini dapat disetujui untuk ditetapkan menjadi Keputusan Dewan,” ucap Nuryadi. 

“Setujuuu,” jawab seluruh Anggota DPRD DIY yang berada di ruang rapat kemudian diikuti dengan tepuk tangan. 

Selanjutnya Nuryadi dengan didampingi tiga pimpinan dewan lainnya membubuhkan tandatangan Keputusan Dewan tentang Penetapan Sri Sultan Hamengku Buwono X dan KGPAA Paku Alam X sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DIY.

BACA JUGA: Direvitalisasi, Kawasan Perempatan Gondomanan dan Jalan Senopati Bakal Bebas Kabel

Usai rapat, Nuryadi menjelaskan dengan telah selesainya rapat penetapan ini maka Gubernur DIY dan Wakil Gubernur DIY yang dijabat oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X dan KGPAA Paku Alam X telah sah. Selanjutnya surat keputusan dewan ini langsung dikirim ke Kemendagri untuk disampaikan kepada Presiden. 

“Harapan kami sebelum tanggal 10 Oktober 2022 ini atau saat tanggal 10 Oktober 2022 itu bisa dilakukan pelantikan. Kami mengajukan ke pusat agar semua anggota DPRD DIY bisa hadir saat pelantikan tersebut,” kata politikus PDIP ini.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Kamis, 29 September 2022

News
| Kamis, 29 September 2022, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement