Advertisement

Direvitalisasi, Kawasan Perempatan Gondomanan dan Jalan Senopati Bakal Bebas Kabel

Yosef Leon
Selasa, 09 Agustus 2022 - 15:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Direvitalisasi, Kawasan Perempatan Gondomanan dan Jalan Senopati Bakal Bebas Kabel Pekerja melakukan pembersihan lahan di pedestrian Jalan Senopati yang tengah direvitalisasi, Selasa (9/8/2022) - Harian Jogja /Yosef Leon (foto diemail)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Jogja memastikan area perempatan Gondomanan dan seputaran Jalan Senopati nantinya akan bebas dari kabel udara seiring dimulainya pengerjaan revitalisasi pedestrian di kawasan itu. Kabel udara milik PLN dan fiber optik nantinya akan dipasang di bawah tanah mengikuti konsep kawasan Tugu dan Jalan Sudirman. 

Kepala DPUPKP Kota Jogja, Hari Setyowacono mengatakan, saat ini tahap pengerjaan sudah sampai ke pembongkaran material dan pembersihan lahan. Kedua sisi pedestrian baik utara dan selatan nantinya ditargetkan selesai pada pertengahan Desember mendatang. Setelah pembersihan lahan, petugas nantinya akan mempersiapkan pemasangan teraso dan sekaligus pembenahan pipa saluran pembuangan air hujan. 

"Konsepnya masih satu nuansa dengan Malioboro karena sebagai kawasan penyangga," kata Hari, Selasa (9/8/2022). 

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Adapun proyek penataan pedestrian dilakukan di sepanjang Jalan Senopati. Sisi utara sepanjang 450 meter dan sisi selatan sepanjang 400 meter. Lebar trotoar nantinya akan dibuat variatif karena menyesuaikan dengan kondisi jalan dan pohon perindang dengan lebar antara 2,5 meter-3 meter. "Dan kita pastikan tidak ada penebangan pohon perindang. Vegetasinya tetap kita jaga, hanya mungkin nanti agak ditata menyesuaikan," jelas dia.

Baca juga: PENATAAN KAWASAN JOGJA: Mundur Munggah Madhep Kali

Sementara untuk penataan kabel bawah tanah, nantinya dimulai dari Jalan Secodiningratan untuk kabel fiber optik. Kemudian berlanjut ke Jalan Senopati untuk penataan kabel PLN dan fiber optik. Selanjutnya menuju ke Jalan Pabringan ke arah selatan. "Yang perempatan Gondomanan juga akan dibuat bawah tanah untuk kabel yang bersilangan. Kabel udara saja yang bebas tapi yang kabel tepi masih ada," ujarnya. 

Sekda Kota Jogja, Aman Yuriadijaya menyampaikan, penataan pedestrian Jalan Senopati sebagai kawasan penyangga Malioboro juga bertujuan untuk mempercantik wajah kota. Menurutnya, lewat penataan kabel udara menjadi kabel bawa tanah akan kian menjadikan kawasan penyangga Malioboro lebih tertata. 

"Artinya kita juga ingin menunjukkan wajah kota yang cantik tidak hanya dari sisi trotoar tapi juga kabel udara di seputaran kawasan itu," kata Aman. 

Aman menambahkan, setelah peninjauan lapangan pihaknya melihat bahwa proses pengerjaan dan revitalisasi pedestrian itu masih berjalan sesuai dengan perencanaan. "Artinya tidak ada keterlambatan dan proses pelaksanaan juga sesuai dengan tata kala dan teknis yang telah ditentukan," pungkasnya. 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Kamis, 29 September 2022

News
| Kamis, 29 September 2022, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement