Advertisement

Jelang Penetapan Gubernur DIY Periode 2022-2027, Begini Persiapan Kraton Jogja

Sunartono
Selasa, 26 Juli 2022 - 20:57 WIB
Bhekti Suryani
Jelang Penetapan Gubernur DIY Periode 2022-2027, Begini Persiapan Kraton Jogja Pimpinan DPRD DIY, perwakilan Kraton dan Pakualaman berfoto bersama usai rapat pansus, Selasa (16/7/2022)-Harian Jogja - Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Tinggal selangkah lagi. Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan HB X akan ditetapkan sebagai Gubernur DIY periode 2022-2027. Pansus Penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY kembali menggelar rapat verifikasi di DPRD DIY, Selasa (26/7/2022) sore.

Rapat pansus itu dihadiri perwakilan Kraton Ngayogyakarta yakni GKR Condrokirono dan GKR Bendara serta perwakilan Pura Pakualaman KPH Indrokusumo, GPH Wijoyo Harimurti dan BPH Kusumo Bimantoro.

Adapun dari DPRD DIY semua anggota pansus hadir secara daring dan hanya Pimpinan DPRD DIY Huda Tri Yudiana didampingi Sekretaris DPRD DIY Haryanta yang hadir secara luring. Adapun dari Pemda DIY diwakili oleh Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda DIY Wahyu Nugroho, Kepala Biro Hukum Setda DIY Adi Bayu Kristanto dan Kepala Biro Umum, Humas, dan Protokol Setda DIY Imam Pratanadi.

Dalam rapat tersebut DPRD kembali melakukan verifikasi ulang di hadapan perwakilan Kraton dan Pakualaman untuk mencegah adanya kesalahan ketik dan sejenisnya.

BACA JUGA: Seorang Tukang Parkir Kritis Gegara Rusuh Suporter Jogja-Solo

Akan tetapi setelah dikonfirmasi satu persatu, pihak kraton maupun pakualaman memastikan bahwa poin persyaratan yang akan dimuat dalam regulasi resmi itu dinyatakan valid. Sehingga hasil verifikasi tersebut akan segera ditandatangani Ketua DPRD DIY Nuryadi.

Penghageng Kawedanan Hageng Panitropuro Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat GKR Condrokirono menyatakan tidak ada persiapan khusus jelang pelantikan Gubernur DIY periode 2022-2027. Ia berharap semua bisa diberikan kesehatan. “Enggak ada persiapan khusus, yang penting sehat semua, soalnya ini naik Covid-19,” katanya usai rapat Pansus DPRD DIY, Selasa.

Berbagai tahapan untuk persyaratan penetapan sudah dijalani, Termasuk penyusunan visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur DIY periode 2022-2027 yang melibatkan Kraton dan Pemda DIY.

“Kami sudah berdiskusi dengan Ngarso Dalem tentang visi misinya tetapi ada beberapa yang sudah selesai jadi nanti kita tinggal Ngarso Dalem seperti apa. Kami mengikuti aturan, saya enggak menyampaikan detailnya, karena nanti akan dibacakan oleh Ngarso Dalem sendiri di saat itulah semua pertama kali mengetahui,” ucap Gusti Kirono.

Perwakilan Kawedanan Kasentanan Pura Pakualaman KPH Indrokusumo menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan DPRD DIY untuk melakukan verifikasi kelengkapan dokumen. “Yang tadi dibacakan tiada kekurangannya, sudah betul semuanya. Kami mewakili keluarga besar Pura Pakualaman, mengucapkan terima kasih dan semoga pelaksanaan penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY berjalan lancar,” katanya.

Advertisement

Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana menjelaskan setelah verifikasi selesai, maka tahapan selanjutnya adalah penyusunan hasil verifikasi dokumen beserta berita acara oleh pansus. Kemudian dilaporkan kepada Ketua DPRD DIY yang rencananya akan dilakukan pada 28 Juli 2022. Selanjutnya penyampaian hasil verifikasi dokumen dan berita acara akan dilakukan dalam rapat paripurna istimewa DPRD DIY pada 8 Agustus 2022 sekaligus pemaparan visi dan misi Gubernur DIY.

“Seluruh fraksi akan memberikan tanggapan terkait paparan, visi dan misi, serta program calon Gubernur dan Wakil Gubernur DIY. Seluruh dokumen akan dikirimkan ke Pemerintah Pusat pada 9 Agustus 2022. Harapannya, pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY dapat dilaksanakan tepat waktu pada 10 Oktober 2022,” katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

News
| Rabu, 17 Agustus 2022, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Tiket Masuk Borobudur dan Pulau Komodo Naik, Sandiaga Uno: Tidak Semua Tiket Destinasi Naik!

Wisata
| Senin, 15 Agustus 2022, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement