Advertisement

Pembatasan Pertalite dan Solar, Erick Thohir: Tunggu Saja!

Lugas Subarkah
Kamis, 11 Agustus 2022 - 13:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pembatasan Pertalite dan Solar, Erick Thohir: Tunggu Saja! Menteri BUMN, Erick Thohir, ditemui wartawan dalam Halaqah Fikih Peradaban Yayasan Ali Maksum Krapyak, Kapanewon Sewon, Bantul, Kamis (11/8/2022). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Pemerintah berencana membatasi bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite dan solar dalam waktu dekat. Kebijakan ini menyusul revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak.

Ditemui dalam acara Halaqah Fikih Peradaban Yayasan Ali Maksum Krapyak, Kapanewon Sewon, Bantul, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mengaku belum mendengar rencana tersebut. "Kita tunggu saja. Saya belum dengar, belum diputuskan," ujarnya, Kamis (11/8/2022).

Pemerintah kata dia, sudah memberikan subsidi hingga Rp520 triliun baik untuk BBM maupun listrik. Menurutnya tak banyak negara yang melakukannya. "Kalau kita lihat harganya sudah turun-turun, nah inilah yang perlu menjadi pemikiran, apalagi kita sudah impor minyak sejak 2003," katanya.

Baca juga: Tenang! Pertalite untuk DIY Masih Aman

Adapun nilai impor minyak tersebut mencapai 1,2 miliar dolar per bulan. Hal ini yang menurutnya menjadi pertimbangan Kementerian Keuangan menghitung ulang subsidi untuk BBM, apalagi pertamax pun juga sebenarnya masih disubsidi.

"Pertamax pun yang harusnya harga pasar masih disubsidi pemerintah, pertanyaannya apakah subsidi-subsidi yang diberikan pemerintah sudah tepat sasaran? Apakah kita harus menutup mata memberikan subsidi kepada yang mampu?" ujarnya.

Ia yakin kebijakan Presiden Joko Widodo bertujuan agar negara hadir dan berpihak kepada rakyat. "Sampai mana kita mensubsidi yang mampu, kita tidak mau bicara kesenjangan sosial, tapi subsidi tepat sasaran harus dilakukan," katanya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tragedi Stadion Kanjuruhan, Airlangga Sampaikan Duka Mendalam

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 14:17 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement