Advertisement

Ditanya soal Koalisi Gerindra-PKB, PDIP: Ah, Biasa-Biasa Saja!

Ujang Hasanudin
Minggu, 14 Agustus 2022 - 19:27 WIB
Arief Junianto
Ditanya soal Koalisi Gerindra-PKB, PDIP: Ah, Biasa-Biasa Saja! Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP PDIP, Bambang Wuryanto (tengah). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia (DPP PDIP) menanggapi santai terkait dengan koalisi Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk Pemilu 2024 mendatang.

Sebagaimana diketahui, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar menandatangani piagam deklarasi koalisi di Pemilu 2024. Penandatanganan dilakukan dalam acara rapat pimpinan nasional Gerindra di SICC, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPP PDIP, Bambang Wuryanto mengatakan setiap partai tentu akan berusaha menyiapkan diri dalam Pemilu 2024 mendatang. Dia juga mengaku sudah mengetahui bahwa Prabowo telah menyiapkan 2024 dalam rangka menuju bakal calon presiden.

Menurutnya, koalisi kedua partai tersebut setidaknya untuk memenuhi persyaratan ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold sebesar 20% kursi DPR.

“Itu kami hanya melihat bagian bounding untuk melewati electoral threshold. Biasa-biasa saja,” kata Bambang, di sela-sela arara Pengarahan dan Pemantapan Sitem Pemenangan Pemilu Secara Terpimpin Berbasis Gotong-Royong di Hotel Ros-In Bantul, Minggu (14/8).

BACA JUGA: Gelorakan Potensi Seni Masyarakat, Oemah Budaya Larasati Gelar Pentas Kampung

Dia menilai ada juga kemungkinan partai koalisi tersebut bertambah. Namun dengan deklarasi koalisi Gerindra-PKB setidaknya kedua partai tersebut sudah aman dan bisa ikut dalam pemilihan presiden (Pilpres). “Kalau sudah begitu kan tenang bisa ikut Pilpres,” katanya.

PDIP sendiri diakuinya sampai sekarang belum menentukan siapa bakal calon presiden atau wakil presiden yang akan diusung dalam Pemilu 2024. Menurutnya, keputusan penentuan calon presiden maupun calon wakil presiden dari partai berlambang kepala banteng tersebut akan ditentukan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Saat ini pihaknya masih merapatkan barisan untuk pemenangan pemilu 2024 salah satunya melalui acara emosional gathering terutama untuk pengurus partai di semua tingkatan.

Dia menyadari sebagian besar pengurus juga merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), DPRD bahkan ada yang menjadi kepala daerah dan wakil kepala daerah sehingga memiliki kesibukan.

Advertisement

“Banyak tugas kedewanan dan kepartaian sehingga sedikit terlupakan, maka kita kumpulkan bagaimana kita siapkan sebelum tempur 2024, harus saiyeg saeka kapti [menjaga kerukunan, persaudaraan dan gotong-royong],” katanya.

Terpisah, Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Bantul, Subhan Nawawi mengatakan koalisi Gerindra dan PKB baru ditandatangani dan belum disoaialisasikan kepada pimpinan partai di daerah. “Apapun yang menjadi keputusan Pimpinan Pusat kami di bawah siap menjalankan dan siap mensosialisasikan,” katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dari Bidang Makanan sampai Kesehatan, 21 CEO Meraih Achievement Award

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement