Advertisement

Ini Sejumlah Wilayah di Sekitar Selokan Mataram yang Bersinggungan dengan Tol Jogja-Bawen

Abdul Hamied Razak
Rabu, 17 Agustus 2022 - 21:47 WIB
Bhekti Suryani
Ini Sejumlah Wilayah di Sekitar Selokan Mataram yang Bersinggungan dengan Tol Jogja-Bawen Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pembangunan jalan tol Jogja-Bawen akan bersinggungan dengan Selokan Mataram yang melintasi wilayah DIY.

Pantauan Harianjogja.com, titik awal jalur tol Jogja-Bawen yang bersinggungan langsung dengan Selokan Mataram berada di wilayah Jingin, Margomulyo, Seyegan. Tidak jauh dari kolam renang Tirto Langgeng. Di titik ini, dua lajur jalan tol akan melintas secara elevated baik di sisi kanan dan kiri selokan.

Konstruksi jalan tol akan dibangun melayang untuk menghindari sumber mata air Tuk Si Bedug di Ngampong, Margodadi, Seyegan. Jalur tol masih dibangun secara eleveted di kedua sisi saluran irigasi Selokan Mataram. Tol lantas melewati SMK 17 Seyegan dan Gereja Katholik Santo Thomas.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Jalan tol kembali bersinggungan dengan Selokan Mataram di wilayah Bantulan, Margokaton, Seyegan. Proses pembersihan lahan dari Sanggrahan, Tirtoadi, Mlati hingga Bantulan Margokaton, Seyegan baru mencapai empat kilometer dari total kebutuhan panjang lahan sekitar 8,25 kilometer.

"Progres pembersihan lahan proyek jalan tol Jogja-Bawen sepanjang 75,82 kilometer tersebut progresnya masih mencapai 0,4 persen. Kami terus melakukan persiapan-persiapan lainnya untuk konstruksi pada September mendatang," ujar Staf Humas PT Jasamarga Jogja-Bawen, Banu Subekti, beberapa waktu lalu.

Hingga berita ini diturunkan, PPK Satker Pelaksana Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Jogja-Solo Moh Fajri Nukman belum menjawab konfirmasi Harianjogja.com terkait capaian pembangunan jalan tol tersebut.

BACA JUGA: HUT ke-77 RI, Ratusan Pedagang Pasar Beringharjo Gelar Upacara

Diberitakan sebelumnya, Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan pembangunan jalan tol tersebut telah menunjukkan kemajuan. Dia meminta kepada tim yang bekerja di lapangan untuk terus meningkatkan capaian kinerja pelaksanaan konstruksinya.

Begitu juga dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang mewanti-wanti agar proyek Tol Jogja-Bawen selesai sesuai dengan target pada 2024 dan biayanya tidak membengkak. Hal itu disampaikan Menteri Basuki saat meninjau pembangunan proyek Jalan Tol Jogja-Bawen sepanjang 76 kilometer pada akhir pekan lalu.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Mau Bentuk Badan Usaha Milik Otorita IKN, Apa Kegunaannya?

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement