Advertisement

Progres Tol Jogja-Solo, Warga Tirtomartani Gelar Musyawarah Bahas Ganti Rugi

Abdul Hamied Razak
Senin, 08 Agustus 2022 - 20:07 WIB
Arief Junianto
Progres Tol Jogja-Solo, Warga Tirtomartani Gelar Musyawarah Bahas Ganti Rugi Puluhan warga terdampak pembangunan jalan tol Jogja Solo di Tirtomartani, Kalasan mengikuti kegiatan musyawarah warga, Senin (8/8/2022). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Tahapan pembebasan lahan tol Jogja-Solo (Joglo) di Tirtomartani, Kalasan memasuki tahap musyawarah warga.

Di Tirtomartani, fasilitas umum yang terdampak pembangunan jalan tol hanya masjid dan sebagian area pemakaman.

Kepala Bidang Pengadaan Tanah BPN Kanwil DIY, Margaretha Elya Lim Putraningtyas mengatakan di wilayah Tirtomartani, jumlah bidang terdampak sebanyak 244 bidang dengan jumlah pemilik bidang 281 orang. Mereka berasal dari empat padukuhan mulai Dusun Pundung, Sembur, Brintikan, dan Kalimati. "

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

BACA JUGA: Penyerahan Hadiah Tabungan Tamasya Plus Periode XXXVII

Karena memerhatikan protokol kesehatan, kami gelar kegiatan musyawarah warga selama empat hari," katanya kepada Harianjogja.com, Senin (8/8/2022).

Musyawarah warga tersebut bertujuan menentukan bentuk ganti kerugian yang akan diterima warga. Rata-rata warga terdampak tetap memilih uang sebagai bentuk ganti kerugian. Hal itu dinilai lebih menguntungkan masyarakat.

"Setelah kegiatan musyawarah warga di Tirtomartani selesai, kami akan melanjutkan proses pembayaran ganti kerugian untuk kalurahan Purwomartani," katanya.

Dia menjelaskan, Tim Panitia Pengadaan Tanah (P2T) Pembangunan Jalan Tol Joglo Seksi 1 dan 2 terus bekerja secara pararel dari kalurahan per kalurahan.

Untuk seksi 1 misalnya, Tim P2T akan menyelesaikan proses pengadaan lahan di Bokoharjo, Prambanan. Adapun untuk seksi 2 meliputi Tirtoadi dan Tlogoadi (Mlati) serta Trihanggo (Gamping).

Advertisement

"Keempatnya akan diselesaikan tahun ini. Bokoharjo sudah dinilai oleh tim apraisal. Tinggal musyawarah warga. Untuk Tirtoadi, Tlogoadi dan Trihanggo baru akan dinilai oleh tim apraisal, sedang berproses," katanya.

Selain itu, lanjut Elya, Kalurahan Maguwoharjo di Depok (Seksi 2), juga masuk rencana pengadaan lahan tahun ini. Proses pembebasan lahan tol di Kalurahan Maguwoharjo, lanjut Elya, masih menunggu permohonan dari PPK agar kalurahan tersebut bisa dilakukan tahapan identifikasi dan validasi lahan.

"Ini [Maguwoharjo] tergantung anggaran, kalau anggaran siap proses identifikasi bisa dilakukan tahun ini. Kami tetap upayakan proses pembebasan lahannya dilakukan pada tahun ini," ujarnya.

Advertisement

Elya meyakini, tahapan-tahapan pembebasan lahan tol Jogja Solo baik untuk Seksi 1 maupun Seksi 2 dapat berjalan lancar. Hal itu juga membutuhkan kerja sama dan dukungan dari warga terdampak.

"Proses pengadaan lahan tol akan terus berjalan. Mudah-mudahan nilai ganti kerugian yang diterima sudah layak. Hanya ada dua kasus keberatan [Tol Joglo] yang diajukan ke pengadilan," katanya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Geram Indonesia Terus Impor Aspal

News
| Jum'at, 30 September 2022, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement