Advertisement

PT. Telkom Indonesia Resmikan Lima Bantuan Sarana Air Bersih di Kulonprogo

Catur Dwi Janati
Rabu, 17 Agustus 2022 - 22:37 WIB
Catur Dwi Janati
PT. Telkom Indonesia Resmikan Lima Bantuan Sarana Air Bersih di Kulonprogo Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO — PT Telkom Indonesia meresmikan bantuan sarana air bersih di lima titik di Kulonprogo. Sarana air bersih yang dibangun itu diharapkan dapat memudahkan akses air bersih di lingkungan masyarakat.

General Manager Witel Jogjakarta, PT Telkom Indonesia, Agus Faisal menerangkan, perusahaannya memiliki program kegiatan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL).

Ada dua jenis TJSL sesuai dengan arahan Kementerian BUMN. Pertam, TJSL yang berbentuk bantuan UMKM. "Jadi ada bantuan pembuatan UMKM, itu kami lakukan Alhamdulilah di Jogja cukup lumayan besar juga. Sampai semester ini mendekati Rp2 miliar kami sampaikan untuk membantu itu," ujarnya, pada Selasa (16/8/2022).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

BACA JUGA: Pedagang Depan Stasiun Wates Dibongkar, KAI: Penataan demi Keindahan Selalu Kami Dukung

Program TJSL Kedua menyasar sektor sosial lingkungan. Bentuknya bermacam-macam, dari penanaman pohon hingga bantuan sarana air bersih seperti yang diberikan pada lima Kalurahan di Kulonprogo.

"Salah satunya adalah sebelum ini kita melakukan penanaman 1000 pohon di Gunungkidul dan alhamdulillah hari ini ada lima sarana air bersih yang insyaallah akan kami serahkan," ujarnya.

Sebagai BUMN, Faisal menyebut bahwa TJSL menjadi tanggung jawab dan sesuai dengan visinya Telkom yang harus bermanfaat untuk lingkungan masyarakat dan untuk negeri.

"Apa yang kami dapatkan pasti punya kewajiban juga harus kami berikan kembali ke masyarakat, salah satunya air bersih ini," ungkapnya.

"Harapannya untuk lima kalurahan tadi Temon Kulon, Temon Wetan, Kaligintung, Kalidengen dan Demen itu bisa membantu masyarakat minimal ada sarana umum yang bisa terjangkau oleh seluruh masyarakat di situ yang menyediakan air bersih," ujarnya.

Advertisement

Selain bermanfaat dalam menyediakan air bersih yang mudah dijangkau oleh masyarakat umum, harapannya bantuan yang diberikan juga dapat memberikan cadangan air nantinya.

"Yang jelas kami berupaya dan berusaha membuat untuk membuat sarana air bersih ini yang harapannya bisa memberikan manfaat untuk masyarakat di sekitarnya, utamanya di lima kalurahan tadi," tambahnya.

BACA JUGA: Iring-iringan Moge Tabrak Warga di Kulonprogo

Advertisement

Dalam regional Jawa Tengah dan DIY, ada 10 titik yang mendapat bantuan sarana air bersih dari PT. Telkom Indoensia. Namun lima diantaranya ada di Kulonprogo. "Dari 10 tempat, limanya ada di Kulonprogo. Harapannya ini menjadi bagian dari konstribusi BUMN," tandasnya.

Perwakilan Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa, Yuki Wira menerangkan ada dua kegiatan utama dalam program bantuan air bersih PT Telkom Indoensia. Kegiatan pertama yakni pengadaan sumber air berupa sumur yang kedalamannya lebih dari sumur air keluarga agar dapat menghasilkan sumber air dengan kadar kapur yang lebih normal.

"Kegiatan kedua yakni pengadaan sarana pendukungnya. Jadi setelah digali diberikan juga sarana pendukungnya, yakni tempat penampungan air dan infrastruktur pipa hingga kran," tandasnya.

Pj. Bupati Kulonprogo, Tri Saktiyana menuturkan bila kegiatan untuk mencukupkan kegiatan air bersih untuk masyarakat erat kaitannya dalam upaya menyejahterakan kehidupan bangsa. "Jadi ketika mencukupkan air, itu kita menghidupi manusia khususnya yang berada di tempat-tempat yang sulit air," tuturnya.

Advertisement

"Kami berterima kasih kepada PT Telkom yang secara cermat kemudian terus bersemangat untuk membantu Kabupaten Kulonprogo. Dari 10 untuk wilayah Jawa Tengah dan Jogjakarta ini lima sendiri dibantukan di Kulonprogo," ujarnya.

Tri meyakini masih banyak titik yang sulit air bersih. Oleh karenanya Tri berharap PT Telkom Indoensia bisa membantu untuk mencukupi air bersih di titik-tirik lainnya di Kulonprogo.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies Baswedan Hingga Ganjar Pranowo, Ini Nama-Nama yang Masuk Bursa Capres PPP

News
| Selasa, 27 September 2022, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement