Advertisement

Tak Main-Main! Tersangka Perkosaan di Umbulharjo Didakwa Pasal Berlapis

Triyo Handoko
Kamis, 18 Agustus 2022 - 17:07 WIB
Bhekti Suryani
Tak Main-Main! Tersangka Perkosaan di Umbulharjo Didakwa Pasal Berlapis Ilustrasi pemerkosaan. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Kejaksaan Negeri (Kejari) Jogja sudah melimpahkan kasus dugaan perkosaan di Kecamatan Umbulharjo, Jogja ke Pengadilan Negeri (PN) Jogja. Pelaku didakwa dengan pasal berlapis dan terancam penjara 12 tahun.

Pelimpahan perkara ke PN Jogja tersebut dilakukan setelah permohonan prapradilan yang diajukan tersangka ditolak PN Jogja. Dakwaan yang diajukan Kejari Jogja untuk perkara ini adalah Pasal 285 dan 289 KUHP, sidang pertama akan dilakukan pada Selasa (23/8/2022).

Advertisement

“Pasal 285 tentang tindakan pemaksaan berhubungan seksual di luar pernikahan dengan kekerasan ancamannya 12 tahun penjara, untuk Pasal 289 terkait pencabulan dengan kekerasan ancaman pidananya sembilan tahun penjara,” jelas Kepala Seksi Intelijen Kejari Jogja Bagus Kurnianto, Kamis (18/8/2022).

Bagus menjelaskan barang bukti perkara tersebut sudah cukup meyakinakan. “Sudah kami periksa barang buktinya dan sudah ditetapkan PN Jogja juga,” ujarnya.

BACA JUGA: Subsidi Energi Jadi Salah Satu Jurus Jokowi untuk Menekan Harga BBM

Ditanya soal dakwaan pada tersangka yang tak menggunakan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS), Bagus menyebut hanya melanjutkan dakwaan dari penyidikan Polsek Umbulharjo. “Dari penyidik sudah ditetapkannya dengan pasal-pasal tadi, ini melanjutkan saja,” katanya.

Kanit Reskrim Polsek Umbulharjo Nuri Ardiyanto menyebut dakwaan tersebut lebih proporsional. “Ancaman hukumannya juga lebih dari empat tahun penjara jadi itu akan setimpal dengan perbuatan tersangka,” ujarnya, Kamis (18/8/2022).

Nuri menjelaskan berusaha semaksimal mungkin dalam melakukan penyidikan kasus ini. “Pokoknya semuanya untuk keadilan korban kami lakukan sampai dapat prapradilan kemarin,” jelasnya.

Tersangka perkosaan tersebut adalah Pandu Qori Agiel, 23, yang diduga melakukan perkosaan pada Juli lalu. Nuri menyebut tersangka sudah dipindahkan ke Rutan Jogja, setelah selama masa penyidikan ditahan di Polsek Umbulharjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement