Advertisement

Dituduh Otoriter oleh Senat Mahasiswa, UIN Suka Jogja Bantah Bubarkan PBAK 2022

Triyo Handoko
Senin, 22 Agustus 2022 - 06:47 WIB
Budi Cahyana
Dituduh Otoriter oleh Senat Mahasiswa, UIN Suka Jogja Bantah Bubarkan PBAK 2022 Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) UIN Sunan Kalijaga Jogja. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Humas UIN Sunan Kalijaga (Suka) Jogja membantah membubarkan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK). Humas UIN Suka Jogja Weni Hidyati menjelaskan PBAK diakhiri lebih awal karena ada penyalahgunaan acara.

Pada hari terakhir PBAK, Sabtu (20/8/2022), menurut Weni terdapat provokasi dari mahasiswa senior UIN Suka untuk meminta mahasiswa baru (maba) melakukan demonstrasi.

Advertisement

BACA JUGA: Hendak Terbitkan IPL Tol Jogja-YIA, Ini yang Jadi Pertimbangan Pemda DIY

“Panitia PBAK juga sudah menandatangani Surat Pakta Integritas, tapi malah dilanggar, untuk menanggulangi hal tidak diinginkan, kami akhiri lebih awal,” jelasnya, Minggu (21/8/2022).

Weni menjelaskan kegiatan PBAK terakhir dijadwalkan untuk mengenalkan unit kegiatan mahasiswa (UKM) dengan mempresentasikan prestasi-prestasi UKM pada maba. Namun, kegiatan itu menurutnya malah disalahgunakan untuk provokasi uang kuliah tunggal (UKT).

“Padahal UIN itu biaya kuliahnya sudah paling rendah di Indonesia, tidak mungkin juga semua maba mendapat UKT dengan Rp400.000 per semester,” ujarnya.

Soal UKT, jelas Weni, adalah kebijakan dari Pemerintah Pusat. “Itu kebijakan kementerian, enggak mungkin juga kami bikin kebijakan sendiri,” terangnya.

BACA JUGA: Warna-Warni Puluhan Layangan Warnai Langit Pantai Samas

Weni menjelaskan sudah ada prosedur yang disediakan Rektorat untuk menampung keluhan dari mahasiswa. “Bisa melakukan banding, menghadap Rektor, dan pasti dilayani dengan baik,” jelasnya.

Sebelumnya, Senat Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Jogja menuduh Rektorat otoriter karena membubarkan PBAK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tertidur 22 Tahun Gunung Ruang Erupsi, Gempa hingga 944 Kali dalam Satu Hari

News
| Kamis, 18 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement