Advertisement

Temui Pengurus Perindo DIY, TGB Bicara Soal Kebhinnekaan

Sunartono
Senin, 22 Agustus 2022 - 12:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Temui Pengurus Perindo DIY, TGB Bicara Soal Kebhinnekaan Tuan Guru Bajang (tengah) di sela-sela pertemuan dengan pengurus Perindo DIY. - ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Tokoh nasional yang juga ahli tafsir Al Quran Tuan Guru Bajang (TGB) menemui sejumlah jajaran pengurus DPW Partai Perindo DIY. Mantan Gubernur NTB itu memberikan pesan pentingnya merawat kebhinnekaan di Indonesia.

Pesan itu disampaikan dalam pertemuan yang digelar di kediaman Ketua DPW Perindo DIY Yuni Astuti, Sabtu (20/8/2022) malam.

Advertisement

TGB memberikan contoh negara-negara yang terpecah belah akibat konflik berkepanjangan seperti halnya Suriah. Hal itu disebabkan dari awal konflik kecil anak bangsa mereka. Akan tetapi Indonesia sangat beruntung, dengan ratusan suku bangsa namun tetap bersatu hingga saat ini.

"Kita perlu meneladani para pendiri bangsa meski berasal dari suku yang berbeda, latar belakang pendidikan berbeda, namun tidak mengedepankan ego masing-masing. Ini dibangun demi NKRI," kata TGB dalam pertemuan tersebut, sebagaimana rilis yang diterima Minggu (21/8/2022).

Baca juga: Ini Penjelasan Telkom tentang Dugaan Kebocoran Data Pelanggan Indihome

Ia mengajak seluruh elemen bangsa untuk mewarisi nilai persaudaraan yang ditanamkan para pendiri bangsa. Tujuannya agar tidak terjadi konflik akibat kepentingan dan ketidakmampuan menundukkan ego. TGB mengibaratkan Indonesia seperti satu rangkaian mobil yang tidak bisa satu atau dua bagian saja yang disebut penting, melainkan seluruh bagian dari setir hingga mesin menjadi elemen penting dan dibutuhkan.

"Begitu juga dengan Indonesia, adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Dengan bhinneka tunggal ika, ormas, pemerintah dan individu sama-sama punya peran penting," katanya.

Ketua DPW Perindo DIY Yuni Astuti mengapresiasi kehadiran TGB yang datang langsung memberikan ceramah kebangsaan bagi jajarannya. Kegiatan itu digelar di sela-sela kesibukan TGB di Jogja di sejumlah kampus dan pondok pesantren.

"Pesan kebangsaan yang disampaikan menjadi motivasi untuk bersama-sama terus merawat keberagaman kita," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Ingin Membangun Koalisi Kuat

News
| Rabu, 24 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement