Advertisement

Puskemas Bantul 1 Layani Vaksin Booster Tiap Sabtu

Ujang Hasanudin
Senin, 22 Agustus 2022 - 07:27 WIB
Budi Cahyana
Puskemas Bantul 1 Layani Vaksin Booster Tiap Sabtu Petugas sedang menyuntikan vaksin Covid-19 di Puskesmas Bantul 1, Sabtu (20/8/2022). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Masyarakat Bantul dan sekitarnya yang belum menjalani vaksinasi dosis ketiga atau booster bisa memanfaatkan sentra vaksinasi yang dibuka di Puskesmas Bantul 1 setiap Sabtu. Vaksinasi Covid-19 yang dilayani di Puskemas Bantul 1 ini tidak hanya untuk warga Bantul, tetapi juga warga luar Bantul.

“Asalkan belum disuntik vaksin dan membawa KTP. kami layani setiap Sabtu,” kata Kepala Puskesmas Bantul 1 Suprabandari, Sabtu (20/8/2022).

BACA JUGA: Hendak Terbitkan IPL Tol Jogja-YIA, Ini yang Jadi Pertimbangan Pemda DIY

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Sabtu lalu, Puskesmas Bantul 1 bekerja sama dengan Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) DIY untuk pengadaan petugasnya. Suprabandari mengatakan tidak ada target khusus jumlah warga yang dilayani untuk menjalani vaksinasi Covid-19, khususnya booster. Selama vaksin tersedia dan petugas juga ada, layanan vaksinasi dilakukan mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB.

Masyarakat yang belum disuntik vaksin dosis satu atau dosis kedua juga akan dilayani. Sejauh ini sebagian besar orang yang datang pada Sabtu adalah untuk divaksinasi booster. Hanya satu dua orang yang menjalani vaksin dosis pertama atau kedua.

Puskesmas sudah menyampaikan informasi layanan vaksinasi tiap Sabtu tersebut kepada masyarakat melalui media sosial, terutama aplikasi percakapan Whatsapp melalui Forum Komunikasi Pimpinan Kapanewon (Forkompinkap), lurah, kepala dusun, hingga ketua RT. “Silahkan masyarakat datang akan kita layani setiap hari Sabtu,” katanya.

Suprabandari mengatakan awalnya vaksinasi dilakukan setiap hari, namun seiring berkurangnya warga yang ingin disuntik vaksin, waktu penyelenggaraan dikurangi mulai dari sepekan dua kali hingga saat ini hanya sepekan sekali.

Saat ini animo masyarakat untuk vaksin terutama booster kembali meningkat meskipun jumlahnya belum banyak, “Karena mungkin untuk keperluan pelaku perjalanan, jadi masyarakat mau tidak mau harus vaksin booster,” ucap Suprabandari.

BACA JUGA: Warna-Warni Puluhan Layangan Warnai Langit Pantai Samas

Advertisement

Koordinator Binda DIY wilayah Bantul Nugroho, menyatakan vaksinasi Covid-19 di Bantul masih maksimal. Karena itu pihaknya bekerja sama dengan berbagai pihak termasuk Dinas Kesehatan melalui puskesmas-puskesmas untuk meningkatkan capaian vaksin booster.

Bulan ini Binda DIY menyebarkan petugas vaksinasi di 31 lokasi, tiga lokasi di Bantul di antaranya di Puskesmas Bantul 1, Puskesmas Bantul 2, dan Puskesmas Imogiri. Binda terus berupaya mendorong capaian vaksinasi terutma booster untuk menekan angka penularan Covid-19 “Kalau Covid-19 terkendali akhirnya kan nanti bisa mempercepat pemulihan ekonomi,” katanya.  

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sabu Senilai Rp1 Miliar Disita, Bandar dan Kurir Sabu Digelandang

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement