Advertisement

Lokasi Seleksi Bakal Calon Lurah Gadingsari & Bangunharjo Bantul Dirahasiakan

Ujang Hasanudin
Senin, 22 Agustus 2022 - 14:17 WIB
Budi Cahyana
Lokasi Seleksi Bakal Calon Lurah Gadingsari & Bangunharjo Bantul Dirahasiakan Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dua desa atau kalurahan di Bantul terpaksa menggelar seleksi bakal calon lurah karena bakal calon lebih dari lima orang. Kedua kalurahan tersebut adalah Gadingsari di Kecamatan Sanden dan Kalurahan Bangunharjo di Kecamatan Sewon. Lokasi bakal calon lurah masih dirahasiakan.

Kepala Bidang Pemerintahan Kalurahan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (DPMK) Bantul, Nanang Mujiyanto, mengatakan bakal calon lurah yang lebih dari lima orang harus diseleksi. Seleksi menggandeng pihak ketiga atau perguruan tinggi.  

BACA JUGA: Sportourism, Olahraga Sekaligus Wisata untuk Jaring Pasar Internasional

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

“Proses seleksi diserahkan ke masing-masing panitia kalurahan,” kata Nanang, saat dihubungi Senin (22/8/2022).

Masa seleksi bakal calon lurah sesuai dengan tahapan yang sudah ditetapkan dilakukan selama 23-24 Agustus.

Namun ia memperkirakan kedua panitia pilur di dua kalurahan tersebut akan menggelar seleksi bakal calon lurah pada 23 Agustus. Setelah seleksi selesai, calon lurah ditetapkan. Proses selanjutnya adalah pengundian nomor urut bersama kalurahan lainnya yang menggelar pilur serentak pada 2 September mendatang.

“Tahapan selanjutnya masih ada penyampaian visi misi calon lurah dan kampanye calon lurah,” katanya.

Proses pemilihan lurah serentak akan dilakukan secara bersamaan pada 25 September mendatang. Lokasi seleksi bakal calon lurah merupakan kewenangan masing-masing panitia pilur.

Ketua Panitia Pemilihan Lurah, Kalurahan Bangunharjo, Nova Kristianto, mengatakan ada tujuh bakal calon lurah yang resmi mendaftar sehingga mereka akan diseleksi. Hanya lima bakal calon yang akan ditetapkan sebagai calon lurah.

Advertisement

Proses seleksi akan dilakukan pada 23 Agustus 2022. Pada hari itu juga panitia akan mengumumkan lima nama yang akan ditetapkan sebagai calon lurah.

Lokasi seleksi bakal calon lurah maupun pihak ketiga yang digandeng masih dirahasiakan dengan alasan agar proses seleksi benar-benar akuntabel dan semua bakal calon lurah tidak dapat menghubungi pihak ketiga yang akan menguji bakal calon lurah.

BACA JUGA: Cegah Tsunami, Sabuk Hijau Kawasan Bandara YIA Diperkuat

Advertisement

Bahkan pihak panitia pilur pun, kata Nova, tidak mengetahuinya. Yang pasti seleksi akan diselenggarakan di suatu tempat pukul 13.00 WIB. Nantinya bakal calon lurah bersama panitia berangkat ke lokasi seleksi bersama-sama pada pagi hari. “Perjalanan membutuhkan waktu sekitar tiga jam untuk ke lokasi seleksi,” ucap Nova.

Proses seleksi ada tiga macam, yakni pembobotan, tes tulis pilihan ganda, dan tes uraian. Ia memastikan semua bakal calon lurah tidak mengetahui lokasi seleksi maupun pihak ketiga yang akan menguji. 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Buron Tujuh Tahun, Pria Ini Tertangkap Saat Daftar Kerja di Kantor Polisi, Eh Gimana?

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement