Advertisement

300 Prestasi Nasional dan 42 Internasional Ditorehkan Mahasiswa UMY dalam Setahun

Lugas Subarkah
Senin, 22 Agustus 2022 - 16:27 WIB
Budi Cahyana
300 Prestasi Nasional dan 42 Internasional Ditorehkan Mahasiswa UMY dalam Setahun Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dalam satu tahun terakhir, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tercatat menorehkan lebih dari 300 prestasi di tingkat nasional dan lebih dari 40 prestasi di tingkat Internasional. Mengapresiasi dan mendokumentasikan capaian tersebut, UMY kini memiliki Sistem Prestasi Mahasiswa.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan UMY, Faris Al-Fadhat, mengatakan prestasi mahasiswa UMY saat ini meningkat cukup signifikan dalam satu tahun terakhir dan juga dua bulan terakhir.

BACA JUGA: Rute Penerbangan Internasional YIA Ditambah ke Singapura, Malaysia, hingga Turki

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

“Tanggung jawab kami di universitas agar prestasi mahasiswa yang telah diraih tidak selesai hanya sekadar kegiatan semata. Namun, prestasi tersebut dapat terdokumentasikan agar mahasiswa dan universitas dapat melihat prestasi yang telah diraih. Sehingga nanti ketika mahasiswa lulus, rekam prestasi ini dapat menjadi bekal dalam pendamping ijazah mahasiswa,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Prestasi mahasiswa tersebut didokumentasikan melalui Sistem Prestasi Mahasiswa. Sistem ini untuk memudahkan dalam pendataan prestasi mahasiswa serta memudahkan dalam klaim prestasi mahasiswa. “Seluruh mahasiswa cukup mengakses sistem ini untuk pendataan prestasi. Jadi tidak perlu lagi mendata dua sampai tiga kali, cukup menggunakan sistem ini dapat mendata satu kali,” katanya.

BACA JUGA: Sportourism, Olahraga Sekaligus Wisata untuk Jaring Pasar Internasional

Kepala Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) UMY, Oki Wijaya, menuturkan selama satu periode Agustus 2021 hingga Agustus 2022, prestasi mahasiswa UMY semakin meningkat. Lebih dari 300 prestasi yang telah diraih di tingkat nasional, sedangkan di tingkat internasional sejumlah 42 prestasi mahasiswa.

“Mahasiswa yang menyumbangkan prestasi ini sebagian besar dari bidang seni, olahraga dan bela diri. Oleh karena itu, kami patut bersyukur bahwa mahasiswa kami sudah mampu bersaing dengan perguruan tinggi-perguruan tinggi, bukan hanya tingkat nasional tapi juga internasional,” ungkapnya.

Meningkatnya prestasi mahasiswa ini juga diharapkan dapat meningkatkan peringkat prestasi mahasiswa di tingkat nasional. “Insyaallah prestasi-prestasi mahasiswa ini akan diproses oleh LPKA dan diajukan ke Kemdikbudristek. Kami berharap tahun ini UMY dapat masuk peringkat dari 10 besar ke peringkat kedelapan di tingkat nasional,” kata dia. 

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Mau Bentuk Badan Usaha Milik Otorita IKN, Apa Kegunaannya?

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement