Advertisement

Rute Penerbangan Internasional YIA Ditambah ke Singapura, Malaysia, hingga Turki

Catur Dwi Janati
Senin, 22 Agustus 2022 - 15:17 WIB
Budi Cahyana
Rute Penerbangan Internasional YIA Ditambah ke Singapura, Malaysia, hingga Turki Maskapai penerbangan di bandara YIA. - Harian Jogja/Dok.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo berencana menambah sejumlah rute penerbangan internasional maupun domestik dalam waktu dekat. Pertambahan rute penerbangan ini juga membuat jam operasional bandara diperpanjang.

General Manager YIA Agus Pandu Purnama mengatakan akan ada penambahan rute-rute penerbangan internasional yang akan beroperasi di YIA. Rute internasional baru akan mengarah ke beberapa negara tujuan seperti Singapura, Malaysia, hingga Turki.

Advertisement

BACA JUGA: Cegah Tsunami, Sabuk Hijau Kawasan Bandara YIA Diperkuat

"Dua hari lalu bertemu dengan Malaysia Air, mereka ingin membuka rute Kuala Lumpur - YIA - Kuala Lumpur- Jeddah, ini juga potensi saya kira. Insyaallah di bulan September ini akan ada rute tambahan selain Air Asia," terangnya pada Senin (22/8/2022).

Sementara itu, rute YIA - Singapura akan mengalami penambahan maskapai. Penambahan maskapai ini juga dimulai September nanti.

"Untuk rute Singapura juga sudah ada dua yang siap di September yaitu Scoot Tiger Air dan Air Asia," ujar dia.

Selain rute penerbangan di seputar Asia Tenggara, rute penerbangan internasional YIA juga akan merambah hingga ke perbatasan Eropa tepatnya melalui rute Turki - YIA. Ini setelah adanya pembicaraan dengan Turkish Airlines.

"Terakhir juga kami sudah ketemu dengan Turkish Airlines, mereka akan membuka rute dari Turki menuju ke YIA. Ini mudah-mudahan dalam waktu dekat, targetnya Januari 2023," ucap dia.

Bertambahnya sejumlah rute penerbangan baru membuat YIA bakal memperpanjang jam operasional bandara. Bila saat ini YIA beroperasi hingga pukul 18.00 WIB, rencananya jam operasional akan diperpanjang tiga jam hingga pukul 21.00 WIB . 

"Mulai awal September ini," tuturnya. 

Penambahan rute penerbangan tidak hanya terjadi di rute internasional tetapi juga di rute penerbangan domestik. Pada rute domestik, Lion Group telah mengajukan enam rute penerbangan baru yang kemungkinan akan beroperasi pada malam hari.

"Dari Lion Group juga sudah mengajukan enam rute baru untuk domestik salah satunya nanti ada Pontianak, ada Banjarmasin daerah-daerah lainnya yang kebetulan mereka memintanya penerbangan malam hari, termasuk ke Jakarta juga, mereka ada permintaan untuk rute di malam hari," ujar dia.

BACA JUGA: Sportourism, Olahraga Sekaligus Wisata untuk Jaring Pasar Internasional

Total hingga saat ini, Pandu menyebut ada 62 pergerakan penerbangan per hari di YIA. Jumlah ini bakal bertambah seiring bertambahnya rute-rute penanganan baru baik domestik maupun mancanegara di YIA.

"Berarti nanti kalau ketambahan bisa sampai 70 [pergerakan], mudah-mudahan trennya memang meningkat terus, seiring dengan iklim investasi yang meningkat. Otomatis pergerakan orang, pergerakan barang ini juga akan meningkat," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TWC Targetkan Wisatawan Candi Borobudur & Prambanan Naik 37% Saat Libur Lebaran

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement