Advertisement

UPNVY Siapkan Desa Wisata Gamplong Usai Pandemi Covid-19

Media Digital
Rabu, 31 Agustus 2022 - 15:12 WIB
Budi Cahyana
UPNVY Siapkan Desa Wisata Gamplong Usai Pandemi Covid-19 UPN Veteran Yogyakarta sebagai upaya mengembalikan wisata menjadi bangkit pasca Pandemi COVID-19 di Desa Wisata Gamplong. - Istimewa

Advertisement

SLEMAN—Sektor Desa Wisata masih menjadi andalan dalam mendorong kebangkitan ekonomi desa pasca Pandemi. Keberadaan desa wisata ternyata mampu menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat setempat. Bahkan pada 2020 saja saat pandemi Covid-19 tinggi, keberadaan desa wisata mampu bertahan meski jumlah pengunjung sangat minim. Sisi menarik dari mampu bertahannya desa wisata itu karena keterlibatan secara menyeluruh masyarakat setempat untuk berupaya mempertahankan desa itu.

Dalam rangka menyiapkan kebangkitan Desa Wisata Gamplong pasca Pandemi COVID-19 di mana wisatawan nantinya akan sangat peduli dan menuntut terhadap standar yang dimiliki di destinasi wisata. Oleh karena itu, sebagai upaya pemenuhan standar tersebut maka strategi branding untuk mengembalikan status desa wisata yang baru akan dilakukan di Desa Wisata Gamplong.

Advertisement

Beberapa program kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim PbM UPN Veteran Yogyakarta sebagai upaya mengembalikan wisata menjadi bangkit pasca Pandemi COVID-19 di Desa Wisata Gamplong antara lain :

  1. Mempersiapkan Konsep Perancangan Desain Branding Desa Wisata;
  2. Sosialisasi Materi Branding Desa Wisata;
  3. Sosialisasi Pentingnya Perlindungan HKI Merek Dagang bagi pelaku UMKM;
  4. Peninjauan Nama Merek Dagang dan Status Pelaku UMKM;
  5. Identifikasi Kelas Merek Dagang pelaku UMKM; dan
  6. Membuat Buku Branding Desa Wisata Gamplong.

Selain itu sebagai persiapan untuk menyongsong kembali kebangkitan desa wisata, Tim PbM UPN Veteran Yogyakarta juga melakukan rebranding Desa Wisata Gamplong yaitu mengoptimalkan media sosial sebagai media promosi. Program rebranding berupa penyiapan konten video profil destinasi/desa wisata, bagaimana Desa Wisata Gamplong mendemonstrasikan keseriusan dalam menyiapkan kunjungan wisatawan, dll. Secara prinsip bahwa pada saat ini kami, Tim PbM UPN Veteran Yogyakarta membantu bagaimana destinasi dan pelaku usaha desa wisata telah kembali siap dan meyakinkan wisatawan untuk berkunjung kembali. Melalui video youtube, langkah selanjutnya adalah menyebarluaskan tautan video youtube untuk dibagikan ke berbagai media social atau platform digital yang lainnya.

Kegiatan rebranding ini dilakukan setelah pelaksanaan penyuluhan atau sosialisasi mengenai Perlindungan HKI Merek Dagang bagi pelaku usaha di Desa Wisata Gamplong sekaligus juga memfasilitasi pendaftarannya. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

ASN Akan Dipindah ke Ibu Kota Nusantara Secara Bertahap hingga 2029, Ini Prioritasnya

News
| Jum'at, 19 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement