Advertisement

Pertamina Boyong UMKM dari Jogja ke Tong Tong Fair 2022 di Belanda

Abdul Hamied Razak
Rabu, 07 September 2022 - 07:27 WIB
Budi Cahyana
Pertamina Boyong UMKM dari Jogja ke Tong Tong Fair 2022 di Belanda Owner Joglo Ayu Tenan Rahayu Dwiastuti (kanan) UMKM Binaan Pertamina saat mengikuti Tong Tong Fair 2023 di Den Haag Belanda, Senin (5/9/2022). - Istimewa

Advertisement

SLEMAN—Pertamina membawa 175 jenis produk UMKM binaan Rumah BUMN Pertamina ke Tong Tong Fair 2022 di Belanda. Ini adalah upaya untuk mendorong UMKM menembus pasar internasional. 

Salah satu produk pelaku UMKM yang dibawa berasal dari Joglo Ayu Tenan Makerspace. Rahayu Dwiastuti, pemilik UMKM Joglo Ayu Tenan, secara khusus dibawa ke Tong Tong Fair. 

Advertisement

Rahayu adalah penyintas autoimun Guillane Barre Syndrome. Dia berkomitmen terus mengembangkan bisnisnya. Saat ini, katanya, Joglo Ayu Tenan yang berlokasi di Pogung Baru, Pogung Kidul Kalurahan Sinduadi, Kapanewon Mlati ini memberdayakan komunitas difabel.

"Ada sekitar 80 ibu-ibu dan remaja di delapan desa binaan di sekitar DIY. Alhamdulillah, saya bersyukur sekali atas kepercayaan Pertamina mengikutsertakan saya ke pameran di Belanda ini," katanya, Selasa (6/9/2022).

Ia menjadi UMKM mitra binaan Pertamina sejak 2018 lalu. Selain bantuan pendanaan, ia juga mendapat banyak program pembinaan untuk meningkatkan kemampuan agar naik kelas. "Saya mendirikan Joglo Ayu Tenan awalnya sebagai wadah artisan kerajinan untuk berkumpul dan berbagi ilmu. Sudah sejak 2015 jatuh cinta dengan seni kerajinan," paparnya.

Para artisan kerajinan yang mayoritas perempuan menekuni seni olah kain, aksesori kontemporer, kriya logam, dan batuan alam untuk mewujudkan imajinasi dalam bentuk perhiasan, busana, tas, dan kerajinan indah lainnya. Namun sejak penyakit autoimun menghampirinya sejak 2018, perempuan kelahiran 1965 ini mengalami berbagai kesulitan untuk beraktivitas.

"Saya kemudian ragu untuk melanjutkan aktivitas Joglo Ayu Tenan ini," katanya.

Keraguan Rahayu lambat laun mulai sirna seiring keinginan kuatnya untuk tetap mengembangkan Joglo Ayu Tenan. Ia bergabung menjadi UMKM mitra binaan Pertamina pada 2020, bergabung dalam program inkubasi UMK Academy Go Global. "Saya mendapat mentor pendamping yang mengajari packaging, managemen, dan business matching," ceritanya.

Selain mendapat tambahan modal, ia juga diajak ikut pameran promosi baik dalam maupun luar negeri. Melalui pameran dan business matching, produk Joglo Ayu Tenan kini sudah merambah pasar lokal Indonesia, dan mancanegara seperti Jepang, India, Australia dan Belanda. 

Omzetnya pun melonjak tinggi dibandingkan sebelum menjadi mitra binaan Pertamina. Berbagai penghargaan diraih Rahayu baik dalam maupun luar negeri seperti Finalis Apresiasi Kreasi Indonesia 2022, Pemenang Good Design Indonesia 2020 kategori Project & Activity, Australia Short Term Award for Business Readiness in Jewelry Design 2018, Best Prize in Category Textiles Inacraft 2017, Best of The Best Inacraft Award 2017, dan Femina Award 2012.

VP CSR & SMEPP Pertamina, Fajriyah Usman, mengungkapkan Rahayu merupakan salah satu dari 66.000 UMKM yang dibina Pertamina sejak 1993. Baginya, sosok Rahayu mengajarkan semua orang tidak boleh berputus asa meskipun memiliki keterbatasan.

"Harus tetap semangat dan berikhtiar. Pasti ada hikmah di balik semua ujian. Kepada seluruh UMKM binaan Pertamina yang telah bersama-sama mengikuti program pembinaan dan berhasil mengembangkan bisnisnya," ujar Fajriyah.

Pertamina mendukung pencapaian ESG (Environmental, Social, and Governance) dan SDGs (Sustainable Development Goals), khususnya Poin 8 yakni pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, yang diwujudkan melalui program pendanaan dan pembinaan UMKM.

Hal itu dilakukan sebagai bagian dari tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) demi mewujudkan manfaat ekonomi di masyarakat dan menggerakkan perekonomian nasional. 

Erick Thohir, Menteri BUMN, saat menemui Rahayu di Tong Tong Fair mengatakan Kementerian BUMN mendorong pelaku UMKM untuk menembus pasar internasional. Salah satu caranya dengan berkolaborasi bersama Pertamina dan beberapa BUMN lainnya.

"Setelah event Tong Tong Fair berakhir harus ada tindak lanjut yang konkret dalam bentuk kerja sama antara UMKM dengan buyer atau pengusaha di Belanda maupun skala global lainnya," kata dia. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement