Advertisement

Kerocong Plesiran Menggema di Embung Gunung Purba Nglanggeran

Media Digital
Senin, 12 September 2022 - 05:07 WIB
Bhekti Suryani
Kerocong Plesiran Menggema di Embung Gunung Purba Nglanggeran Acara Keroncong Plesiran yang diselenggarakan di panggung terbuka Embung Gunung Api Purba Nglanggeran di Kalurahan Nglanggeran, Patuk, Sabtu (10/9/2022)-Ist - Dinas Pariwisata DIY

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDULKeroncong Plesiran volume enam digelar di panggung terbuka Embung Gunung Api Purba Nglanggeran, Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, Sabtu (10/9/2022). Event ini tak hanya untuk pencinta musik kerocong, tapi juga sebagai upaya membangkitkan pariwisata DIY setelah terdampak pandemi Covid-19.

Ajang ini menampilkan klub music Simphony Kerotjong Moeda yang terdiri dari 60 musikus muda. Selain itu, juga didukung oleh penyanyi nasional seperti mantan vokalis Naif Band, David Bayu; Tompi; Boris Sirait, Okky Kumala, Danilla dan Tyok Satrio.

Meski gerimis turun tak menghalani antusiasme penonton untuk menonton dari awal hingga acara berakhir. Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singging Raharjo mengatakan, terselenggara berkat kerja sama dari berbagai pihak mulai dari Pemerintah DIY, Pemkab Gunungkidul hingga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Acara berlangsung dengan sukses,” kata Singgih kepada wartawan, Sabtu malam.

Menurut dia, sesuai dengan nama dari kegiatan Keroncong Plesiran, maka event ini diselenggarakan secara bergantian di seluruh wilayah DIY. “Sebelumnya ada di Bantul, kemudian sekarang di Gunungkidul dan selanjutnya digelar secara bergiliran di seluruh wilayah DIY,” katanya.

Singgih berharap pada even ini tidak hanya untuk melepas kerinduan bagi pecinta musik keroncong. Namun demikian, harapannya juga bisa menjadi moment membangkitkan pariwisata DIY yang sempat terdampak pandemi, khususnya untuk wisata malam, serta perekonomian masyarakat.

“Tentunya ada semangat kebangkitan dan pecinta keroncong juga ikut plesiran karena wilayah DIY sangat luas dan kaya akan potensi wisata,” katanya.

Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Kemenparekraf, Edy Wardoyo mengatakan, event keroncong plesiran sangat berkesan karena berlangsung dengan luar biasa. Dia mengaku baru kali pertama berkunjung ke Nglanggeran.

“Ini menandakan event pariwisata maju dan membawa kebaikan bagi semuanya, termasuk pelaku UMKM,” kata Edy.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya acara konser keroncong Plesiran di Gunungkidul. Ia berharap kegiatan seni ini dapat diselenggarakan di destinasi wisata lainnya di Bumi Handayani.

Advertisement

Untuk konser kali ini, ia menilai pemilihan lokasi di kawasan wisata Gunung Api Purba Nglanggeran sangat tepat. Destinasi wisata tersebut menjadi salah satu Desa Wisata Terbaik di dunia yang dikukuhkan oleh UNWTO pada tanggal 2 Desember 2021.

“Terimakasih kepada para fans keroncong karena ikut menggerakkan ekonomi kreatif. Semoga pariwisata Gunungkidul dan dan Provinsi DIY pada umumnya bisa bangkit,” katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mengapa Gas Air Mata Bisa Mematikan dan Bagaimana Cara Mengatasi Efeknya

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 16:17 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement