Advertisement

BOB Dorong Indonesia Berdiplomasi Lewat Makanan

Nina Atmasari
Kamis, 15 September 2022 - 16:42 WIB
Budi Cahyana
BOB Dorong Indonesia Berdiplomasi Lewat Makanan Direktur Pemasaran Badan Otorita Borobudur (BOB) Agus Rochiyardi - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Badan Otorita Borobudur (BOB) mendukung upaya memopulerkan masakan warisan leluhur Indonesia. Upaya diplomasi bisa dilakukan melalui kuliner.

Hal itu diungkapkan Direktur Pemasaran Badan Otorita Borobudur (BOB) Agus Rochiyardi di sela pelepasan Tim Jelajah Kuliner Merawat Masakan Warisan Leluhur di Griya Harian Jogja, Kamis (15/9/2022). Jelajah kuliner tersebut didukung oleh BOB dan Alfamart.

Agus mengatakan Indonesia memiliki banyak kuliner khas dari daerah-daerah seperti sate, masakan padang, rendang, dan lainnya. “Masakan bisa menjadi media berkomunikasi dengan negara-negara lain, bahkan menjadi sarana diplomasi,” katanya.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Ia mengatakan duta besar menyediakan masakah khas Indonesia saat menjamu tamu. Upaya ini disebut sebagai diplomasi melalui makanan.

Agus mengatakan banyak negara telah mendukung upaya warganya untuk memopulerkan kuliner khas mereka. Contohnya adalah Thailand yang mendukung masyarakatnya memiliki restoran di luar negeri. “Indonesia diharapkan mendukung pelaku yang memoopulerkan makanan warisan leluhur ke luar negeri,” katanya.

BOB mendukung Jelajah Kuliner Merawat Masakan Warisan Leluhur yang digelar Harian Jogja. Dalam kegiatan ini, tim jelajah akan menelusuri kuliner legendaris di DIY dan Jawa Tengah di eks karisedanan Kedu. Kegiatan ini menjadi upaya nguri-uri atau melestarikan masakan leluhur yang dianggap sudah banyak ditinggalkan.

“Sekarang banyak kaum milenial yang menyukai hal-hal baru. Jelajah Kuliner ini bisa menjadi sarana membuat kaum milenial untuk merasakan masakan lama, sehingga dianggap baru. Karena ini sesuatu [konten], milenial tertarik. Mudah-mudahan milenial bisa tertarik dengan kuliner [khas]," katanya.

BACA JUGA: Harian Jogja Lepas Keberangkatan Tim Jelajah Kuliner Warisan Leluhur

Agus menambahkan kuliner adalah salah satu sektor ekonomi kreatif. BOB sebagai salah satu satker dari Kemenparekraf, memiliki empat tugas yaitu koordinasi, membuat regulasi, fasilitasi dan akselerasi.

Advertisement

Tugas ini harus diimplementasikan, di antaranya dalam bentuk tindakan jelajah kuliner.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini

Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini

Jogjapolitan | 6 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ferdy Sambo Mengaku Habisi Brigadir J karena Cinta Istri

News
| Rabu, 05 Oktober 2022, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement