Advertisement

Unggul dari 800 Karya Lainnya, Ini Makna Logo Hari Jadi Kulonprogo ke-71

Catur Dwi Janati
Jum'at, 16 September 2022 - 06:37 WIB
Sirojul Khafid
Unggul dari 800 Karya Lainnya, Ini Makna Logo Hari Jadi Kulonprogo ke-71 Pj. Bupati Kulonprogo, Tri Saktiyana menunjukkan logo terpilih sebagai logo Hari Jadi Kulonprogo ke-71 di Kulonprogo, Kamis (15/9/2022). - Istimewa/Kominfo Kulonprogo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Hari Jadi Kulonprogo ke-71 semakin dekat. Sejumlah rangkaian acara terus dimatangkan menyongsong Hari Jadi Kulonprogo yang jatuh 15 Oktober 2022 nanti. Mengusung tema "Bangkit Bersama, Ekonomi Tertata, Sejahtera Tercipta", Pemkab Kulonprogo ingin hari jadi ke-71 ini bisa menjadi memontum masyarakat bangkit pasca pandemi Covid-19.

Salah satu rangkaian Hari Jadi Ke-71 diawali dengan Lomba Cipta Logo. Pj. Bupati Kulonprogo, Tri Saktiyana, menuturkan dengan waktu yang pendek dan seleksi yang ketat, akhirnya terpilih logo terbaik yang ada akan digunakan selama peringatan Hari Jadi Kulonprogo ke-71. Logo yang terpilih berbentuk panah berwarna hijau dan oranye yang disebutkan Tri syarat akan banyak makna.

"Kalau kami lihat logonya ini simpel banget tapi maknanya sangat bagus. Seperti panah, bisa kami maknai seperti panah, bisa kami maknai seperti pesawat yang akan tinggal landas juga bisa. Intinya di tahun ke-71 Hari Jadi Kulonprogo kami siap naik kelas. Kami siap terbang seperti panah yang melesat," tuturnya pada Kamis (15/9/2022).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Dari aspek warna logo, Tri memaknai warna hijau pada logo menunjukan kemakmuran, sedangkan warna oranye menunjukan semangat atau greget. Logo terbaik ini dipilih dari 817 karya yang masuk dari seluruh pelosok Indonesia.

BACA JUGA: Ditinggal Berjualan di Pasar, Kambing dan Ayam Milik Warga Kulonprogo Ini Disikat Maling

"Dengan logo 71 tahun Hari Jadi Kulonprogo ini merupakan penyemangat kami bersama yang akan menyatukan kami bersama sepeti anak panah melesat untuk kesejahteraan masyarakat Kulonprogo. Seperti temanya, Bangkit Bersama Ekonomi Tertata Sejahtera Tercipta," tandasnya.

Sekretaris Persatuan Wartawan Kulonprogo (PWK) sekaligus juri dalam Lomba Cipta Logo, Kuntadi, melihat adanya antusiasme yang tinggi dari peserta. Hal itu dapat dilihat banyaknya karya yang masuk dalam gelaran ini. Kuntadi menegaskan bila tim dewan juri dalam penilaiannya bekerja objektif melihat karya tanpa tahu siapa pembuat karya tersebut.

"Kami sama sekali tidak melihat satu per satu ini karya siapa, ini tidak tahu. Kami hanya diminta untuk melihat setiap karya ditampilkan dalam slide satu persatu. Dari situ kami akan nilai satu per satu, kami sisihkan kemudian ada beberapa kami penjurian bertahap. Sehingga kami jamin bahwa apa yang menjadi pemenang hari ini adalah yang sangat-sangat objektif karena kami tidak tahu siapa itu pemenangnya dan baru tahu tiga karya terbaik itu muncul," tegasnya.

Pj. Sekda Kulonprogo, Bambang Tri Budi Harsono, menambahkan bila filosofi logo berbentuk panah bisa menjadi representasi Kulonprogo bisa bangkit. "Harapan kami seperti ini, Kabupaten Kulonprogo bisa bangkit pasca pandemi Covid-19," tuturnya.

Advertisement

BACA JUGA: Lahan Warga Kulonprogo Terganggu Proyek Pengendali Banjir YIA, Warga Datangi Kontraktor

Dengan adanya berbagai pembangunan yang ada di Kulonprogo, seperti keberadaan YIA, bedah menoreh, kawasan industri, hingga jalan tol yang kedepannya akan dibangun diharapkan bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kulonprogo. "Harapannya bisa memberikan daya ungkit untuk pertumbuhan dan perkembangan perekonomian di Kulonprogo," ujarnya.

"Pembangunan Kulonprogo akan bisa tercapai perlu ada kerja sama, perlu ada peran dari berbagai komponen," tandasnya.

Advertisement

Beragam kegiatan akan digelar dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi ke-71. Ada 28 kegiatan yang dalam menyongsong Hari Jadi Kulonprogo yang dimulai sejak 25 Agustus sampai 11 Desember nanti. Di antaranya beragam lomba, kegiatan sosial, acara kuliner, launching film, hingga pertunjukan seni budaya dan pariwisata. Rangkaian acara akan ditutup dengan gelaran Kulonprogo Expo pada 2-11 Desember nanti yang digadang-gadang menjadi pameran berskala nasional dan akan dimeriahkan juga dengan penampilan artis-artis nasional.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Surat Pemecatan Fredy Sambo Sudah Ditandatangani Presiden Jokowi

News
| Jum'at, 30 September 2022, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement