Advertisement

423 Peserta Ikuti SUKARABIC FEST V

Lugas Subarkah
Sabtu, 17 September 2022 - 21:07 WIB
Budi Cahyana
423 Peserta Ikuti SUKARABIC FEST V Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Himpunan Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga menggelar Festival Bahasa Arab se-Asia Tenggara dengan tajuk SUKARABIC FEST V, yang berlangsung Kamis hingga Sabtu (15-17/9/2022).

Ketua panita SUKARABIC FEST V, Ihsan Rasyid, menjelaskan kegiatan ini merupakan acara tahunan yang digelar dalam naungan program studi Bahasa dan Sastra Arab dan telah berlangsung sejak 2017. “Kami ingin menunjukkan bahwa SUKARABIC ini hidup dan berjaya lagi,” ujarnya.

Advertisement

Dalam SUKARABIC FEST V ada beberapa cabang lomba dengan dua kategori di dalamnya. Kategori yang pertama untuk kategori umum dan kategori yang kedua untuk kategori mahasiswa. Perlombaan dalam SUKARABIC FEST V meliputi Kaligrafi, Hadroh, Debat Bahasa Arab, Khitobah, Essay Bahasa Arab, Qiroatus Syi’ir, Musabaqoh Qiroatul Kutub dan sebagainya.

SUKARABIC FEST tahun ini diikuti oleh sebanyak 423 peserta. Menurut Ihsan, Bahasa Arab dinilai kurang terlihat di Indonesia, sedangkan dalam UIN Sunan Kalijaga itu Bahasa Arab adalah bahasa yang populer. “Kami ingin menyiarkan kepada seluruh Indonesia bahwa Bahasa Arab itu bisa juga menjadi bahasa Internasional kedua atau ketiga,” katanya.

Sekprodi Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Kalijaga, Wakhid Hidayat, menuturkan semua kegiatan ini akan menjadi wahana untuk mengembangkan dan melatih Bahasa Arab sebagai ilmu yang didalami para akademisi di dalam prodi tersebut.

“Saya sangat menikmati keragaman para peserta yang menggunakan pakaian tradisional dan mungkin tahun depan ada pakaian arab, dan saya melihat dari awal kirab sampai detik ini Ini sebagai bukti bahwa prodi Bahasa dan Sastra Arab unggul,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemendagri Sebut Dana Desa Bisa Digunakan untuk Pemberantasan Narkoba

News
| Selasa, 23 April 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement