Advertisement

Konter di Kulonprogo Dibobol Maling, Belasan Ponsel Senilai Puluhan Juta Rupiah Raib

Catur Dwi Janati
Sabtu, 17 September 2022 - 07:47 WIB
Arief Junianto
Konter di Kulonprogo Dibobol Maling, Belasan Ponsel Senilai Puluhan Juta Rupiah Raib Polisi mendatangi gerai yang menjadi lokasi pencurian, Jumat (16/9/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO — Belasan unit ponsel di salah satu konter ponsel di Kapanewon Sentolo raib digondol maling. Pencuri membobol konter melalui atap kios, masuk lewat plafon dan menggasak belasan ponsel yang ditinggal di konter. 

Kasi Humas Polres Kulonprogo, Iptu Triatmi Noviartuti pada Jumat (16/9/2022) menerangkan, konter ponsel bernama FA Cellular yang dibobol maling itu berlokasi di Kalurahan Salamrejo, Sentolo.

Dia menjelaskan, pencurian itu terjadi pada Rabu (14/9/2022) sekitar pukul 21.00 WIB, saat konter FA Cellular tutup. Semua pintu telah dikunci dan karyawan lantas pulang.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Namun, pada Kamis (15/9/2022) sekitar pukul 09.00 WIB, saat pemilik gerai, Andhika, 28, hendak membuka kiosnya, dia mendapati pintu etalase sudah dalam keadaan terbuka. Dia pun lantas mengecek sejumlah barang dagangannya yang ada dalam konter tersebut. Nahas, setidaknya 13 unit ponsel dagangannya telah raib.

BACA JUGA: Unggul dari 800 Karya Lainnya, Ini Makna Logo Hari Jadi Kulonprogo ke-71

Saat dilakukan pengecekan rekaman CCTV, terlihat pelaku masuk ke dalam konter pada Rabu, sekitar pukul 21.30 WIB atau 30 menit setelah konter ditutup. Pelaku diduga masuk dengan cara memanjat ke atap konter lalu membobol genteng kios. "Selanjutnya pelaku masuk ke dalam konter dengan membuka atap plafon," terangnya.

Setelah berhasil masuk ke dalam konter, pelaku lantas membuka etalase. Di situ pelaku menggasak 13 buah ponsel berbagai merek. Rinciannya, lima unit ponsel merek VIVO, tujuh unit ponsel merek Redmi dan satu unit ponsel merek Realme. "Total kerugian yang ditaksir dari hilangnya 13 ponsel ini mencapai Rp26,6 juta," kata Iptu Triatmi.

Saat ini, kata dia, polisi masih menyelidiki keberadaan pelaku yang telah menggasak belasan unit ponsel di salah satu konter di Sentolo tersebut. 

Kanitreskrim Polsek Sentolo, AKP Suparna mengaku sejumlah personel telah diturunkan untuk menyelidiki kasus ini. Hasil penyelidikan sementara berdasarkan rekaman CCTV, diketahui ciri-ciri pelaku yakni seorang laki-laki mengenakan kaos lengan pendek hitam dan celana panjang hitam. Sementara berdasarkan ciri-ciri fisiknya, pria tersebut memiliki rambut pendek di bagian samping maupun belakang kepala.

Advertisement

"Untuk dugaan, pelaku terlihat dari rekaman CCTV yang ada di konter itu ada satu orang. Pelaku diduga bisa masuk ke dalam konter itu dengan cara memanjat melalui tower air di belakang konter, kemudian naik ke atap dan selanjutnya membuka genteng," terangnya.

Dugaan tersebut mengacu dari temuan genteng konter yang sudah tidak berada di tempatnya. Sementara itu jejak kaki dan tangan pelaku juga ditemukan di bagian tembok ruangan kamar mandi, dekat etalase produk. Suparna saat ini menyita sepasang sepatu yang diduga digunakan pelaku dan satu boks ponsel yang diambil pelaku namun dikembalikan kembali ke etalase.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejari Purwokerto Tangkap Buronan Kejati Maluku Utara

News
| Kamis, 29 September 2022, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement