Advertisement

GL Zoo Bisa Jadi Kebun Binatang Bertaraf Internasional, Asalkan...

Yosef Leon
Minggu, 25 September 2022 - 19:17 WIB
Arief Junianto
GL Zoo Bisa Jadi Kebun Binatang Bertaraf Internasional, Asalkan... Tim penilai Lembaga Konservasi (LK) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) saat berkunjung ke GL Zoo, Sabtu (24/9/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Tim penilai Lembaga Konservasi (LK) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mendorong Gembira Loka (GL) Zoo menuju kebun binatang bertaraf internasional.

GL Zoo dinilai punya potensi yang kuat jika dikelola dengan manajemen yang lebih optimal lantaran punya potensi satwa dan tumbuhan yang baik untuk menuju taraf internasional. 

Advertisement

Feri Suprapto, salah seorang anggota tim penilai LK di GL Zoo Jogja, Sabtu (24/9/2022) malam mengatakan, dengan potensi yang ada, GL Zoo dinilai mampu menjadi kebun binatang yang bisa menjadi rujukan turis mancanegara.

BACA JUGA: PLN Sukses Hadirkan Listrik Tanpa Kedip Untuk Gelaran Indonesia International Series 2022

Apalagi, Jogja memang dikenal sebagai Kota Wisata yang kerap dikunjungi berbagai wisatawan lokal maupun luar negeri. Oleh karena itu perlu adanya peningkatan dalam hal pengelolaan GL Zoo. 

"Saya melihat daya tarik wisata tumbuhan maupun satwa. Potensi ini ada di GL Zoo. Brand-nya perlu diangkat, kesejahteraan satwa dan kunjungan wisatanya perlu ditingkatkan. Tidak hanya menyasar pengunjung lokal, tetapi juga domestik dan internasional," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, tim penilai LK yang datang berkunjung ke GL Zoo beranggotakan 11 orang dan diketuai Prof. Ani Mardiastuti. Mereka sejak pagi keliling GL Zoo, sebagai salah satu LK yang siap diakreditasi. Sebelumnya, tim ini terjun menilai dua LK di Bali.

Badi'ah, tim penilai lainnya meyakinkan tim penilai LK ini bekerja teliti dan cermat dalam menilai sebuah LK. "Mereka bekerja dengan jujur dan berproyeksi kebaikan," tuturnya.

Sementara Dirut GL Zoo, KMT A.Tirtodiprojo tak lupa menyampaikan terima kasih atas saran dan partisipasi tim penilai. Mereka sudah jerih payah di GL Zoo sejak pagi dan menyusun rekomendasi hingga malam hari. 

"Kami harap dengan kedatangan tim LK, GL Zoo bisa semakin meningkatkan kinerja dan kualitas ke depannya," ujar Joko Tirtono, sapaan akrabnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polri Siapkan Pompa Air Antisipasi Banjir di Tol Saat Arus Mudik

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 00:07 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement