Advertisement

Penataan Pejabat Gunungkidul Tak Efektif, Dewan: Jangan cuma asal Bapak Senang

David Kurniawan
Minggu, 25 September 2022 - 17:37 WIB
Arief Junianto
Penataan Pejabat Gunungkidul Tak Efektif, Dewan: Jangan cuma asal Bapak Senang Ilustrasi pelantikan pejabat di lingkup Pemkab Gunungkidul./Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Penataan pejabat yang dilakukan Bupati Gunungkidul, Sunaryanta dinilai belum efektif dan terlalu cepat.

Penempatan pejabat itu dinilai masih banyak yang belum sesuai dengan kemampuan masing-masing pegawai.

Advertisement

Wakil Ketua DPRD Gunungkidul, Suharno mengatakan, penataan pejabat dinilai terlalu sering sehingga optimalisasi kinerja belum dapat diwujudkan. Hal ini pun berpengaruh terhadap psikologi pegawai karena terlalu sering dipindah.

“Saya pun bingung bagaimana cara menilai kinerja kalau terus dipindah-pindah. Ini pun akan berpengaruh terhadap sistem penggajian yang dilakukan,” kata Suharno kepada wartawan, Minggu (25/9/2022).

BACA JUGA: Sanggar Lumbung Kawruh, Komunitas Tempat Berbagi Ilmu, Apa pun Itu

Menurut dia, permasalahan tidak hanya pada pelaksanaan penataan yang terlalu cepat. Meski begitu, sambung Suharno, juga ada masalah karena belum efektif yang sesuai dengan prinsip the right man on the right place.

Dia menilai proses masih memegang prinsip feodal dengan model asal bapak senang. Adapun partisipasi baperjakat dalam proses penataan belum dimaksimalkan. “Sudah banyak yang tahu ada eselon IV malah dipimpin oleh sesama eselon IV. Seharusnya ini tidak bisa dilakukan,” katanya.

Suharno menambahkan, penataan pejabat merupakan kewenangan bupati sepenuhnya. Meski demikian, ia berharap agar prosesnya dengan memanfaatkan tim Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat).

Menurut dia, keberadaan Baperjakat sangat penting karena mengetahui secara pasti tentang kemampuan keahlian dan komptensi kinerja yang dimiliki.

“Seharusnya bisa dioptimalkan peran baperjakat. Sebelum ditata, baperjakat melakukan kajian mulai dari kinerja hingga bidang keahlian yang dimiliki. Agar penempatan sesuai dengan kemampuan bidang yang dimiliki dan bukan asal-asalan saja,” katanya.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta pada Sabtu (24/9/2022) melantik pejabat pimpinan tinggi pratama hasil lelang jabatan yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Untuk posisi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, jabatan ini diserahkan kepada mantan Sekretaris Satpol PP Hary Sukmono; jabatan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan ditunjuk mantan Kepala Bidang Pembina Ketenagaan, Dinas Pendidikan Gunungkidul, Kisworo.

Adapun satu lowongan untuk Kepala Dinas Perindustrian Koperasi UKM dan Tenaga Kerja diserahkan kepada mantan Kepala Bidang Sumber Daya Air, DPUPRKP Gunungkidul Supartono.

Selain pelantikan pejabat eselon II, juga ada penataan pejabat yang melibatkan 63 pegawai dari eselon III dan IV.

Bupati Sunaryanta mengucapkan selamat dan meminta kepada para pejabat yang terpilih untuk segera beradaptasi di tempat baru sehingga dapat menunjang kinerja di masing-masing OPD.

“Harus segera beradaptasi di tempat kerja baru. Rotasi dan mutasi merupakan hal yang biasa untuk meningkatkan kinerja pelayanan yang ada,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

9 Daerah di Jateng Berstatus Tanggap Darurat Bencana, Pj Gubernur: Tingkatkan Kesiapsiagaan

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement