Advertisement

Lengkapi Agenda Jogja Air Show, Dispar DIY Gelar Wayang Kulit di Nglipar

Media Digital
Senin, 26 September 2022 - 06:57 WIB
Arief Junianto
Lengkapi Agenda Jogja Air Show, Dispar DIY Gelar Wayang Kulit di Nglipar Serah terima wayang sebelum digelarnya wayang kulit di Balai Kalurahan Pilangrejo. Sabtu (24/9/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Dinas Pariwisata (Dispar) DIY berkomitmen membangkitkan sektor kepariwisataan seusai terdampak pandemi Covid-19.

Salah satunya dengan menggelar pentas seni dan tradisi wayang kulit semalam suntuk di Balai Kalurahan Pilangrejo, Nglipar, Sabtu (25/9/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata, Dispar DIY, Kurniawan mengatakan pandemi Corona sempat memukul sektor kepariwisataan karena destinasi sempat ditutup di awal-awal terjadinya pandemi. Meski demikian, kondisi sekarang sudah membaik dan geliat wisata mulai kembali terlihat.

Menurut dia, berbagai upaya pemulihan terus dilakukan. Salah satunya menggelar atraksi bertemakan seni dan tradisi di sejumlah destinasi.

BACA JUGA: Penataan Pejabat Gunungkidul Tak Efektif, Dewan: Jangan cuma asal Bapak Senang

Sebagai gambaran di wilayah DIY diselenggarakan Jogja Air Show. Selain digelar di Pantai Depok, Bantul, kegiatan ini juga diselenggarakan di Embung Batara Sriten di Kalurahan Pilangrejo, Nglipar, untuk kategori paralayang.

Wawan, sapaan akrabnya menjelaskan, di saat bersamaan atau tepatnya pada Sabtu malam juga diselenggarakan pentas seni wayang kulit semalam suntuk di Balai Kalurahan Pilangrejo.

Kegiatan ini diselenggarakan juga sebagai upaya mendukung pelaksanaan Jogja Air Show 2022. “Kebetulan juga menjadi lokasi penyelenggaraan Jogja Air Show untuk kategori paralayang. Jadi, pentas wayang kulit untuk lebih menyemarakan kegiatan,” katanya kepada Harianjogja.com, Sabtu (24/9/2022).

Advertisement

Menurut dia, event wayang kulit juga sebagai upaya membangkitkan sektor pariwisata di Kapanewon Nglipar, khususnya di Kawasan Embung Batara Sriten yang sempat terdampak Covid-19.

“Kami terus berupaya membangkitkan pariwisata DIY melalui berbagai kegiatan, termasuk penyelenggaraan kegiatan seni adat dan tradisi di destinasi wisata,” katanya.

BACA JUGA: Kurangi Kecanduan Gawai, Anak-Anak di Pantai Krakal Diajak Lomba Layangan

Advertisement

Carik Pilangrejo, Ridwan Zamroni berterimakasih atas dukungan Dispar DIY karena telah menyelenggarakan pentas wayang kulit di balai kalurahan dengan lakon Antasena Ratu oleh Ki Dalang Supomo Puspo Guritno Degleng.

Menurut dia, kegiatan ini menjadi satu rangkaian penyelenggaraan Jogja Air Show di Embung Batara Sriten. “Sektor pariwisata mulai kembali bangkit,” katanya.

Ridwan berharap kondisi pandemi bisa berakhir yang ditandai dengan laju penularan Covid-19 dapat terus terkendali. Menurut dia, pandemi sangat merugikan karena selain membatasi aktivitas warga, juga bedampak terhadap perkembangan destinasi wisata, termasuk di Embung Sriten.

“Di awal-awal pandemi sempat tutup, tapi sekarang sudah muka. Mudah-mudahan keadaan semakin membaik dan kondisi kembali normal dan wisata bisa terus berkembang,” katanya. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Nella Kharisma hingga Widowati Meriahkan Konser Tengah Sawah Peluncuran YSNW

News
| Sabtu, 03 Desember 2022, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Rawat Ribuan Ikan di Sungai, Rumah Pria Ini Jadi Rujukan Wisata

Wisata
| Sabtu, 03 Desember 2022, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement