Advertisement

Digelar di Jakarta, Pelantikan Sultan HB X sebagai Gubernur DIY Dijadwalkan 10 Oktober

Sunartono
Sabtu, 01 Oktober 2022 - 07:27 WIB
Arief Junianto
Digelar di Jakarta, Pelantikan Sultan HB X sebagai Gubernur DIY Dijadwalkan 10 Oktober Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, saat ditemui wartawan di Kantor Gubernur DIY, Jumat (9/10/2020). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Pelantikan Gubernur DIY Sri Sultan HB X periode 2022-2027 rencananya akan digelar pada 10 Oktober 2022. Kepastian waktu pelantikan itu didapatkan setelah DPRD DIY bersama Pemda DIY menanyakan langsung melalui kunjungan ke Kesekretarian Negara.

Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana menjelaskan terkait dengan kepastian waktu pelantikan Gubernur DIY telah didapatkan Pemerintah Pusat. Keterangan itu didapatkan setelah DPRD DIY bersama Pemda DIY bertemu dengan pihak Sekretariat Presiden.

Advertisement

Kunjungan tersebut sekaligus untuk menanyakan terkait surat permohonan pengesahan dan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY periode 2022-2027 yang sudah ditetapkan pada sidang paripurna DPRD DIY yang digelar pada 9 Agustus 2022 yang lalu. Huda memastikan bahwa pelantikan akan digelar pada 10 Oktober 2022 di Jakarta.  

“Kami sudah mendapatkan kepastian dari Pemerintah Pusat melalui kunjungan kami, dan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY akan digelar pada 10 Oktober 2022 mendatang,” kata Huda, Jumat (30/9/2022).

BACA JUGA: Dukung Raperda Retribusi Tenaga Kerja Asing, Begini Penjelasan Kadin Jogja

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Kepala Sekretariat Kepresidenan, Heru Budi Hartono didampingi Kepala Biro Protokol Yusuf Permana. Adapun dari DIY terdiri atas Pimpinan DPRD DIY bersama Sekretaris DPRD, Biro Hukum, Biro Tata Pemerintahan, dan Biro Umum Pemda DIY.

Huda mengatakan dalam pertemuan itu disampaikan bahwa terkait dengan Keputusan Presiden (Keppres) tentang pelantikan Gubernur dan Wakil Gunernur DIY memang sepenuhnya menjadi tanggung jawab Presiden. Sehingga SK Keppres pasti akan ditandatangani sesuai ketentuan perundangan serta dipastikan tidak akan mundur dari waktu.

“Mereka akan segera menjadwalkan dan dikoordinasikan secara teknis agar bisa dilakukan pada 10 Oktober,” ucapnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedianya ada jadwal ke daerah bersama kementerian pada 10 Oktober 2022 tersebut. Namun setelah diinformaskan bahwa di hari tersebut ada agenda pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY, sehingga agenda di daerah disesuaikan.

Angggota DPRD DIY

Huda juga mengungkap terkait dengan permintaan daerah agar Pemerintah Pusat mengizinkan 55 anggota DPRD DIY hadir dalam pelantikan tersebut pun telah disetujui langsung ole Sekretariat Kepresidenan. “Hal ini karena DIY merupakan daerah Istimewa dan hadirnya DPRD DIY merupakan representasi dukungan bulat dari seluruh masyarakat DIY,” katanya.

Menurutnya Sekretariat Kepresidenan akan segera melakukan persiapan terutama berkoordinasi secara teknis pelaksanaan dengan Pemda DIY untuk mempersiapkan proses pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY. Huda berharap agar semua agenda pelantikan berjalan lancar sesuai rencana.

Di sisi lain, DPRD DIY mengapresiasi Sultan yang menghendaki agar pelantikan tersebut tidak dirayakan dengan bermewah-mewahan di DIY, melainkan harus digelar dengan penuh kesederhanaan. "Kita semua bahagia tapi diungkapkan secara sederhana dan sangat penting diiringi doa untuk kebaikan semua warga,” katanya.

Pelantikan Gubernur periode 2022-2027 merupakan amanat dari UU Keistimewaan DIY terutama Perda Istimewa DIY No.2/2015 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan, Pelantikan, Kedudukan, Tugas, dan Wewenang Gubernur & Wakil Gubernur.

Proses penetapan telah digelar melalui rapat paripurna DPRD DIY pada 9 Agustus 2022 lalu. Sebelum itu telah melalui proses pembahasan mulai dari penyerahan nama oleh pihak kasultanan dan kadipaten, verifikasi calon Gubernur dan Wakil Gubernur DIY hingga penetapan.

“Semoga setelah pelantikan ini diikuti langkah strategis untuk perbaikan ekonomi DIY yang terdampak pandemi selama tahun. Tentunya pelantikan ini akan menjadi semangat baru bagi pembangunan lima tahun ke depan,” kata Huda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Pejabat Negara Joget di IKN, Dikritik Warganet

News
| Minggu, 24 September 2023, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Destinasi Unik, Kuil Buddha Ini Dibangun dengan Jutaan Botol Bir

Wisata
| Sabtu, 23 September 2023, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement