Advertisement

Begini Pernyataan Sikap Kokam DIY Terkait Ancaman Ideologi

Sunartono
Selasa, 04 Oktober 2022 - 08:27 WIB
Sirojul Khafid
Begini Pernyataan Sikap Kokam DIY Terkait Ancaman Ideologi Kokam DIY saat menggelar apel siaga di Halaman Gedung PWM, Jalan Gedongkuning, Kota Jogja, Minggu (2/10/2022). - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAKomando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) DIY siap pasang badan terkait adanya ancaman ideologi atau pihak yang berusaha mengganti ideologi Pancasila.

Ketua Kokam DIY, Wahyu Gunawan Wibisono, menyatakan seluruh personel Kokam DIY selalu siap pasang badan bagi bangsa Indonesia dari setiap ancaman. Termasuk adanya ancaman dari pihak yang berupaya mengubah ideologi Pancasila. Ia memastikan Kokam menolak segala bentuk tindakan yang mengarah ke upaya mengubah pancasila.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Kokam memastikan menolak upaya mengubah Pancasila sebagai landasan negara. Pancasila sudah bersifat final sebagai landasan negara, tidak bisa diganggu gugat," kata Soni lewat keterangan tertulisnya, Senin (3/10/2022).

Selain terkait ideologi, Kokam juga menyoroti terkait dengan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di tengah perekonomian yang belum stabil akibat pandemi Covid-19. Di satu sisi, Kokam mendukung berbagai aksi menyuarakan aspirasi terkait kenaikan harga BBM. Mengingat segala bentuk penyampaian pendapat dilindungi undang-undang.

BACA JUGA: Begini Bantahan Satpol PP Kulonprogo Soal Dugaan Intimidasi ke Wali Murid

Ia mengatakan masyarakat berhak untuk menyampaikan pendapatnya karena bagian dari upaya menjunjung tinggi nilai demokrasi dan Pancasila. Akan tetapi setiap aksi penyampaian aspirasi tersebut sebaiknya jangan melakukan anarkis.

“Kami juga memberikan edukasi kepada adik-adik mahasiswa Muhammadiyah agar dalam aksi tidak melakukan kegiatan anarkis. Harus dengan cara-cara yang baik, jangan anarkis dan provokatif. Aksi agar berjalan dengan damai dalam menyampaikan tuntutan,” katanya.

Soni mengatakan, berkaitan dengan Hari Kesaktian Pancasila, Kokam DIY telah menggelar ziarah ke TMP Kusumanegara yang diawali dengan apel siaga. Menurutnya apel siaga digelar selain untuk peringatan Milad Kokam ke-57, juga untuk peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Keduanya dinilai sebagai bagian dari sinergi sejarah yang saling berkaitan.

Advertisement

"Tema apel siaga yang kami gelar adalah Merawat Sejarah Sekaligus Meneguhkan Ideologi Berbangsa Kita. Kami ingin sampaikan bahwa Kokam cinta NKRI dan Pancasila," ujarnya.

BACA JUGA: Kabar Duka, Guru Besar Farmasi UGM Tutup Usia

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca DIY Hari Ini, Bantul Hujan Tipis

News
| Sabtu, 03 Desember 2022, 08:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Natal, Patung Cokelat Sinterklas Terbesar di Indonesia Ada di Hotel Tentrem Jogja

Wisata
| Jum'at, 02 Desember 2022, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement