Advertisement

Kantor Imigrasi DIY Buka Layanan untuk WNA di Mall Pelayanan Publik Jogja

Media Digital
Jum'at, 07 Oktober 2022 - 00:27 WIB
Budi Cahyana
Kantor Imigrasi DIY Buka Layanan untuk WNA di Mall Pelayanan Publik Jogja Suasana layanan keimigrasian di Mall Pelayanan Publik yang diselenggarkan Kantor Imigrasi DIY, Kamis (6/10/2022). - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kantor Imigrasi DIY membuka layanan di Mall Pelayanan Publik (MPP) Jogja. Saat peresmian MPP Jogja, Kamis (6/10/2022), Kantor Imigrasi DIY membuka layanan pembuatan paspor dengan kuota 20 dan langsung terpenuhi dengan cepat.

Dibukanya layanan keimigrasian di MPP Jogja tersebut untuk memudahkan warga negara asing (WNA). Setidaknya ada tujuh layanan yang tersedia yang bisa diakses, dari laporan nikah, kelahiran, kematian, hingga mutasi alamat.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi DIY Sigit Jatmiko menjelaskan hadirnya layanan keimigrasian di MPP Jogja sudah sejak tahun lalu. “Sejak 2021 itu kami sudah ada di sini dan sekarang baru diresmikan. Saat peresmian kami buka juga layanan pembuatan paspor,” katanya, Kamis siang.

Sigit menyebut layanan keimigrasian yang diberikan di MPP Jogja fokus ke WNA. “Karena untuk memudahkan mereka, kebanyakan WNA di Jogja yang mengakses layanan adalah mahasiswa asing, dosen, sampai peneliti luar, karena Jogja kota pelajar,” jelasnya.

Sementara, layanan paspor masih direncanakan dapat diberikan di MPP Jogja. “Karena kewenangan menentukan layanan paspor itu langsung Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, jadi harus koordinasi lagi, kami berharap bisa semaksimal mungkin memberikan layanan keimigrasian” katanya.

Layanan keimigrasian di MPP Jogja, jelas Sigit, diharapkan mempermudah pelayanan yang ada. “Terutama soal aksesibilitas jarak, kami memberikan layanan di sini agar bisa ditempuh dengan mudah karena di tengah kota,” tuturnya.

Selain di MPP Jogja, Sigit menyebutkan layanan keimigrasian juga dapat diakses di MPP Kulonprogo, Unit Layanan Paspor (ULP) di Lippo Plaza Jogja, dan Unit Layanan Paspor (ULP) di Lippo Plaza Jogja. “Selain di kantor kami yang berada di Jl. Adisucipto. Ini bukti layanan yang terus kami maksimalkan,” ucapnya.

Di MPP Jogja, sambung Sigit, ada dua petugas yang selalu tersedia untuk memberikan layanan. “Memang tidak ada petugas tetap, tetapi petugas piket dan kami jamin selalu tersedia, jadi semoga makin ramai lagi layanan di MPP Jogja ini dengan kehadiran layanan kami,” kata dia.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cek Sederet Situs Live Streaming Gratis untuk Nonton Piala Dunia 2022

News
| Sabtu, 26 November 2022, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement