Advertisement

Gebyar Foto dan Pameran Keris di XT Square Jogja, Ada Keris Berusia 800 Tahun

Yosef Leon
Jum'at, 07 Oktober 2022 - 06:37 WIB
Budi Cahyana
Gebyar Foto dan Pameran Keris di XT Square Jogja, Ada Keris Berusia 800 Tahun Gebyar Foto dan Pameran Keris yang dilaksanakan di XT Square untuk memeriahkan hari ulang tahun ke-266 Kota Jogja, Kamis (6/10/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejumlah foto Jogja zaman lawas serta keris langka dipamerkan dalam Gebyar Foto dan Pameran Keris yang dilaksanakan di XT Square untuk memeriahkan hari ulang tahun ke-266 Kota Jogja. Acara ini dibuka Kamis (6/10/2022) dan berlangsung sampai 9 Oktober mendatang mulai pukul 14.00 WIB sampai 22.00 WIB. 

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Jogja Ignatius Trihastono menjelaskan deretan foto Jogja lawas yang ditampilkan merupakan koleksi milik Dinas Arsip setempat. Potret pemeliharaan kawasan Malioboro pada 1974 silam mejeng dalam acara ini. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Dinas juga menampilkan sejumlah koleksi foto hasil dari lomba fotografi dengan peserta dari siswa perwakilan SMP di Kota Jogja serta foto kategori umum dengan peserta masyarakat umum dengan tema foto Destinasi Wisata di Wilayah Kota Jogja. Total ada 70 karya foto para pelajar dan umum yang ikut ditampilkan dalam kegiatan itu. 

“Foto yang dapat ikut adalah foto yang diambil secara administrasi di wilayah Kota Jogja. Sementara yang dari pelajar itu sudah melewati proses kurasi dan kami pilih satu perwakilan dari tiap SMP, dan umum" katanya. 

BACA JUGA: 500 Peserta Bakal Ramaikan Karnaval Puncak Perayaan HUT Ke-266 Kota Jogja, Ini Rute dan Tanggalnya

Ketua Sentral Komunitas Tosan Aji Yogya Fajar Utama menjelaskan ada sejumlah koleksi keris langka yang selama ini jarang terlihat diikutsertakan dalam pameran itu. "Ada keris buatan era Singosari sekitar tahun 1.200 yang usianya sudah 800-an tahun. Ada juga puluhan keris langka yang dipamerkan beserta nama pemilik dan mitos-mitos di dalamnya," ungkapnya.

Menurut dia, pada kesempatan pihaknya juga mendatangkan para ahli untuk memberikan informasi lengkap beserta edukasi bagi para pengunjung yang sama sekali buta dengan dunia keris. "Kami ada buka meja konsultasi, karena beberapa tokoh perkerisan bakal terlibat di pameren ini. Silakan berkonsultasi, gratis," urainya. 

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Oyo Hotels akan PHK 600 Karyawannya

News
| Senin, 05 Desember 2022, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement