Advertisement

10 Rumah di Kulonprogo Tertimpa Longsor

Catur Dwi Janati
Selasa, 11 Oktober 2022 - 19:17 WIB
Bhekti Suryani
10 Rumah di Kulonprogo Tertimpa Longsor Ilustrasi tanah longsor. - Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO -- Sejumlah jalan di Kecamatan Samigaluh dan Kalibawang, Kulonprogo tertimbun longsor. Sebanyak 10 rumah juga dikabarkan terkena bencana longsor.

Salah satu titik longsor yang menutup akses jalan terjadi di jalur ke lokasi ziarah Sendangsono. Ketua Forum Koordinasi Tagana Kulonprogo, Ibnu Wibowo mengatakan jalan menuju tempat ziarah Sendangsono, Kalibawang ditutup sementara karena adanya material longsor.

Advertisement

Tim kesulitan menangani material longsor saat ini. Pasalnya hujan terus terjadi. Selain itu kondisi tanah juga airnya masih bergerak yang membuat potensi adanya longsor susulan.

"Kami masih belum mengevakuasi karena kami mengutamakan keselamatan masyarakat dan petugas. Saat ini kondisi masih hujan," tegasnya pada Selasa (11/10/2022).

Selain menutup akses jalan menuju lokasi ziarah Sendangsono, material yang menutupi akses jalan juga terjadi di berbagai titik.

Di jalur Jalan Purwoharjo, Samigaluh contohnya akses jalan belum bisa diakses karena adanya material longsor. Jalur Sendangsono ke arah Suroloyo juga sama, beberapa ruasnya tertimpa material longsor jatuh.

BACA JUGA: Ribuan Lulusan SMK di DIY Menganggur, Pemda DIY Luncurkan Program Ini

Tak hanya menyebabkan sejumlah jalan tertutup, material longsor juga menimpa sebagian rumah warga. Tagana mencatat sedikitnya ada 10 rumah warga di Samigaluh dan Kalibawang yang dilaporkan tertimpa material longsor.

"Titik longsor di Kalibawang dan Samigaluh belum terdata secara detail. Saat ini petugas baru menuju lokasi. Ada beberapa titik longsor yang menutup jalan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perbaikan Tol Bocimi Akibat Longsor Ditargetkan Rampung Juni

News
| Selasa, 16 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement