Advertisement

Puluhan Calon Pengawas Pemilu di Gunungkidul Malah Dicatut Jadi Anggota Parpol

David Kurniawan
Rabu, 12 Oktober 2022 - 12:57 WIB
Bhekti Suryani
Puluhan Calon Pengawas Pemilu di Gunungkidul Malah Dicatut Jadi Anggota Parpol Bendera partai politik. - Solopos/Maulana Surya

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Bawaslu Gunungkidul menemukan 20 calon anggota panwascam yang tercatat sebagai anggota partai politik. Meski demikian, hasil dari klarifikasi diketahui puluhan calon pengawas pemilu ini hanya dicatut kemudian dimasukan ke aplikasi Sipol.

Anggota Bawaslu Gunungkidul, Rini Iswandari mengatakan, sudah mengumumkan hasil seleksi adminitrasi calon anggota panwascam di Pemilu 2024. Sebanyak 285 pendaftar dinyatakan lolos dan berhak mengikuti tahapan tes selanjutnya.

Advertisement

Rencananya pada 16 Oktober mendatang dilaksanakan tes ujian tertulis. Diharapkan seluruh peserta hadir untuk mengikuti lanjutan seleksi sebagai anggota panwascam.

“Lokasi tes bertempat di ruangan SMK Negeri 1 Wonosari,” kata Rini, Rabu (12/10/2022).

Meski seluruh pendaftar dinyatakan lolos seleksi administrasi, ia tidak menampik pada saat penelitian berkas, menemukan ada 20 pendaftar tercatat di Sipol sebagai anggota parpol. Temuan ini dintindaklanjuti dengan proses klarifikasi terhadap calon yang bersangkutan.

“Tidak langsung dicoret karena memang ada potensi pencatutan pada saat input data anggota partai,” katanya.

Menurut dia, proses klarifikasi telah dilakukan. Seluruh calon tidak merasa menjadi anggota partai politik. Hal ini dibuktikan dengan adanya surat pernyataan bebas keanggotaan partai politik.

“Ada pencatutan dan temuan ini sudah kami laporkan ke KPU,” katanya.

BACA JUGA: Aremanita yang Sempat Dijenguk Jokowi Meninggal, Korban Kanjuruhan Jadi 132

Berdasarkan dengan klarifikasi ini, para calon yang tercatut sebagai anggota partai tidak dicoret dan berhak mengikuti tahapan tes selanjutnya. “Nama-nama yang dicatut juga dinyatakan lolos dalam seleksi administrasi,” imbuh Rini.

Ketua Bawaslu Gunungkidul, Tri Asmiyanto mengatakan, partisipasi masyarakat untuk menjadi anggota panwascam sangat baik. Hal ini terlihat dari jumlah pendaftar di masing-masing kapanewon.

Menurut dia, tidak ada perpanjangan masa pendaftaran karena syarat minimal dua kali dari kebutuhan serta pelamar perempuan sedikitnya 30% juga terpenuhi. Total kebutuhan anggota panwascam di 18 kapanewon sebanyak 54 petugas. Hingga pendaftaran ditutup ada sebanyak 285 orang yang mendaftar.

Riciannya sebanyak 111 pendaftar perempuan dan 174 laki-laki. Untuk pendaftaran paling banyak langsung mendatangi kantor bawaslu sebanyak 254 orang.

Sedangkan proses pendaftaran melalui email sebanyak 20 pelamar dan via surat ada 11 pendaftar. Kapanewon Wonosari menjadi wilayah dengan peminat tertinggi dengan pendaftar sebanyak 35 orang.

“Untuk pendaftar paling sedikit ada di Girisubo dengan pelamar delapan orang. Sedangkan di kapanewon lain bervariasi antara sembilan sampai 20 pendaftar,” kata dia.

  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement