Advertisement

Mitigasi Bencana di 20 Cagar Budaya di Sumbu Filosofi Dikaji

Triyo Handoko
Jum'at, 14 Oktober 2022 - 17:37 WIB
Budi Cahyana
Mitigasi Bencana di 20 Cagar Budaya di Sumbu Filosofi Dikaji Tugu Pal Putih atau Tugu Jogja - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY mengkaji mitigasi bencana pada 20 bangunan cagar budaya di kawasan Sumbu Filosofi. Penyelamatan orang dan bangunan jadi prioritas utama mitigasi.

Total ada 99 bangunan cagar budaya yang jadi target kajian BPBD DIY. Sementara, tahun lalu sudah selesai pengkajian mitigasi untuk 13 bangunan. Temuan sementara BPBD DIY terhadap potensi bencana pada bangunan cagar budaya adalah kebakaran dan gempa bumi.

Advertisement

Kepala BPBD DIY Biwara Yuswantana menilai selama ini mitigasi pada bangunan cagar budaya belum mendetail. “Kajian ini untuk mendetailkan kebutuhan mitigasi apa yang diperlukan untuk masing-masing bangunan karena punya karakteristiknya sendiri,” jelasnya, Jumat (14/10/2022).

Biwara menjelaskan karakteristik bangunan terdiri dari letaknya, usianya, hingga bahan penopangnya. “Kalau beda lokasi kan beda kerentanan bencananya, beda bahan juga beda kekuatan bangunannya sehingga perlu mitigasi yang mendetail untuk terus menyelamatkan bangunan tersebut,” ujarnya.

Berbeda dengan bangunan lain, jelas Biwara, cagar budaya penting untuk memiliki mitigasi penyelamatan fisik bangunannya. “Bangunan non-cagar budaya yang penting mitigasinya adalah bagaimana menyelamatkan orang di dalamnya, sementara cagar budaya menyelamatkan bangunan sama pentingnya dengan menyelamatkan manusianya,” terangnya.

Pengkajian mitigasi bencana di cagar budaya, lanjut Biwara, dilakukan bertahap. “Karena menyesuaikan anggaran tiap tahun, tetapi yang pasti disiapkan mitigasi yang mendetail tiap bangunnya karena itu penting,” tegasnya.

BACA JUGA: Profil dan Kekayaan Kapolda Jatim Irjen Pol. Teddy Minahasa yang Disebut Ditangkap karena Narkoba

Data BPBD Jogja menunjukkan bencana yang pernah terjadi di kawasan Sumbu Filosofi terhitung sedikit. Catatan yang ada menunjukkan hanya bangunan di Kemantren Mantrijeron yang pernah diterjang angin puting beliung pada 2018 lalu.

Sekretaris BPBD Jogja Agus Maryanto menjelaskan tingkat kerawanan bencana pada cagar budaya di kawasannya rendah. “Dalam menangani cagar budaya di kawasan Sumbu Filosofi, kami berkoordinasi dengan BPBD DIY, kalau yang rutin dilakukan untuk mengurangi bencana itu pemangkasan pohon,” jelasnya, Kamis (13/10/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement