Advertisement

Isoter Covid-19 di Sleman Direncanakan Tutup Akhir Tahun Ini

Anisatul Umah
Jum'at, 14 Oktober 2022 - 23:47 WIB
Budi Cahyana
Isoter Covid-19 di Sleman Direncanakan Tutup Akhir Tahun Ini Foto ilustrasi. - Antara/Oky Lukmansyah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman berencana menutup Isolasi Terpusat (Isoter) saat status pandemi Covid-19 telah diubah menjadi endemi. Kepala Dinkes Sleman Cahya Purnama mengatakan Isoter di Asrama Haji Sleman sudah ditutup, saat ini yang beroperasi adalah Isoter Gemawang.

Masyarakat yang terjangkit Covid-19 dan menempati Isoter Gemawang tidak banyak, hanya empat sampai lima orang per bulan. Isoter Gemawang disiapkan untuk menghadapi lonjakan kasus.

Advertisement

"Kemarin sempat melonjak, landai lagi seiring dengan kebijakan Pemerintah Pusat. Seiring dengan kebijakan Pemerintah Pusat mengubah status pandemi ke endemi, shelter akan kami tutup kalau sudah endemi," paparnya kepada harianjogja.com, Jumat (14/10/2022).

Di sisi lain, kontrak antara Dinkes Sleman dan Rusunawa Gemawang juga akan berakhir akhir tahun ini. Akan tetapi keputusan menutup Isoter akan menunggu kebijakan dari Pemerintah Pusat.

"Kalau ada lonjakan lagi, Sleman sudah siap, tinggal hidupkan lagi shelter di UII, UGM juga siapkan, asrama haji juga diperbolehkan," ujar dia.

Kegiatan masyarakat saat ini sudah berangsur-angsur normal dan protokol kesehatan mulai dilonggarkan. Meski demikian, Dinkes Sleman mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan tidak menyepelekan protokol kesehatan.

"Silakan aktivitas normal, tetapi protokol kesehatan dijaga, karena enggak tahu ke depan varian apalagi. Terakhir kemarin Omicron," ungkapnya.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo juga menyampaikan imbauan yang sama untuk tetap hati-hati dan waspada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Warga Iran Dukung Langkah Pemerintah Menyerang Israel

News
| Sabtu, 20 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement