Advertisement

Dikeluhkan Wali Murid, Sumbangan Rp1,5 di Juta SMAN 1 Semin Diminta Dibatalkan

David Kurniawan
Selasa, 18 Oktober 2022 - 15:17 WIB
Bhekti Suryani
Dikeluhkan Wali Murid, Sumbangan Rp1,5 di Juta SMAN 1 Semin Diminta Dibatalkan Ilustrasi. - ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Sumbangan sebesar Rp1,5 juta rupiah per murid di SMA Negeri 1 Semin dikeluhkan wali murid. Adanya permasalahan ini, Balai Pendidikan Menengah Gunungkidul menginstruksikan agar sumbangan tersebut dibatalkan.

Salah seorang wali murid di SMA Negeri 1 Semin, Iswanto mengatakan, permasalahan sumbangan mencuat pada saat ada pertemuan wali murid dengan komite sekolah pada Sabtu (14/10/2022). Ia mengaku tidak bisa hadir karena harus berkerja sedangkan pertemuan ini dihadiri oleh istrinya.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Menurut dia, dalam pertemuan tersebut dipaparkan rencana penambahan fasilitas sekolah yang membutuhkan biaya sekitar Rp800 juta. Setelah itu, diinformasikan kepada wali murid yang diminta sumbangan Rp1,5 juta per anak.

“Tidak ada sosialiasi dan proses diskusi karena langsung dipatok sumbangan Rp1,5 juta. Rencananya untuk penambahan lapangan serta fasilitas toilet,” kata Iswanto, Selasa (18/10/2022).

BACA JUGA: Waspada Banjir, BMKG DIY Proyeksikan Hujan Sedang-Lebat Sampai Awal November

Menurut dia, nominal tersebut dinilai terlalu besar. sedangkan dari sisi ekonomi juga masih terimbas dampak dari pandemi Covid-19.

Hal yang memberatkan lagi, wali murid hanya diberikan waktu hingga akhir Desember untuk membayar sumbangan tersebut. “Namanya sumbangan harusnya sukarela, tapi ini kok sudah ditentukan besarannya,” katanya.

Iswanto menambahkan, sumbangan yang diminta komite sekolah bukan yang pertama. Pasalnya, setiap tahun ada sumbangan untuk pembangunan.

Advertisement

Sebagai contoh, kata dia, tahun lalu setiap siswa ditarik sumbangan sebesar Rp1,2 juta yang diangsur sebanyak tiga kali. “Saya masih simpan bukti kuitansi sumbangan untuk 2021,” katanya.

Tindak lanjut atas keberatan sumbangan ini, Iswanto mengakui sudah pertemuan dengan komite sekolah yang berlangsung pada Senin (18/10/2022) sore. Total ada sekitar 30 perwakilan dari murid yang menyampaikan keberatan atas kebijakan tersebut.

“Saya ikut hadir dan ada kesepakatan sumbangan yang diberikan sukarela tanpa mematok nominal,” katanya.

Advertisement

Kepala SMA Negeri 1 Semin, Tiya belum bisa dikonfirmasi terkait dengan permasalahan ini. Pasalnya, saat dimintai konfirmasi ke sekolahan, yang bersangkutan sedang keluar.

Upaya menunggu kepala sekolah sudah dilakukan sekitar 1,5 jam, tapi yang bersangkutan belum juga datang ke sekolahan. “Tadi waktu datang, bapak kebetulan baru pergi. Tapi, sekarang juga belum balik ke sekolah lagi,” kata Satpam di SMA Negeri 1 Semin.

Terpisah, Kepala Balai Dikmen Gunungkidul, Agus Muchidarto mengatakan, sudah mendegar permasalahan terkait dengan rencana pembangunan fasilitas sekolah di SMA Negeri 1 Semin. Menurut dia sudah mengistruksikan agar dibatalkan.

“Masih belum dilaksanakan sehingga sudah saya instruksikan untuk dibatalkan,” kata Agus.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Fantastis! Segini Harta Kekayaan Calon Panglima TNI Yudo Margono yang Dipilih Jokowi

News
| Senin, 28 November 2022, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Sajian Musik Etnik Dihadirkan Demi Hidupkan Wisata Budaya Kotagede

Wisata
| Senin, 28 November 2022, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement