Advertisement

Golkar DIY Nilai Program Era Soeharto Masih Relevan Diterapkan

Sunartono
Jum'at, 21 Oktober 2022 - 09:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Golkar DIY Nilai Program Era Soeharto Masih Relevan Diterapkan Ketua DPD Golkar DIY Gandung Pardiman. - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Ketua DPD Golkar DIY Gandung Pardiman menilai program trilogi pembangunan di masa Presiden RI ke-2 Soeharto masih relevan diterapkan saat ini. Karena tujuan pembangunan itu mengedepan pemerataan, pertumbuhan ekonomi dan stabilitas nasional.

Trilogi Pembangunan merupakan salah satu isi program dibentuk oleh Kabinet Pembangunan III pada masa Presiden Suharto periode 1978-1983. Kabinet Pembangunan III menyelenggarakan Pelita III, yang menekankan pada Trilogi Pembangunan dengan tujuan terciptanya masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila serta UUD 1945.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Saya menilai Trilogi Pembangunannya Pak Harto ini masih sangat relevan sampai sekarang ini. Karena tujuannya untuk menciptakan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Arah dan kebijaksanaan ekonominya adalah pembangunan pada segala bidang,” kata Ketua DPD Golkar DIY Gandung Pardiman dalam keterangan tertulisnya, Kamis (20/10/2022).

Baca juga: Waspadai Cuaca Ekstrem, Selama Oktober Sudah Terjadi 7 Kali Tanah Longsor di Bantul

Ia menambahkan pada masa pemerintah Soeharto proses pembangunannya tertata dan bertahap dengan program yang dikenal dengan rencana pembangunan Lima Tahun (Repelita). Mulai dari Repelita I hingga repelita VI yang disempurnakan dengan adanya garis Besar Haluan negara (GBHN). Adanya rencana pembangunan dan ditambah dengan GBHN, sehingga arah pembangunan jelas untuk lima tahun.

“Hal-hal positif saat pemerintah presiden Soeharto ini tidak ada salahnya jika diterapkan untuk pembangunan Indonesia saat ini ke arah yang lebih baik," katanya.

Trilogi Pembangunan yang terdiri dari stabilitas nasional yang dinamis, pertumbuhan ekonomi tinggi dan pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya. Isi trilogi pembangunan ide Soeharto ini dinilai Gandung masih sangat layak untuk diterapkan sampai sekarang.

“Program Pak Harto masih sangat relevan jika diterapkan pada masa pemerintahan sekarang ini, di mana Presiden Joko Widodo sangat perhatian sekali dengan pemerataan pembangunan seperti  salah sati isi dari trilogi pembangunan yakni pemerataan pembangunan dan hasil - hasilnya. Saat ini daerah terpencil sudah dibangun oleh Pak Jokowi," ujarnya.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

20.000 Buruh Pabrik Foxconn Resign, iPhone 14 Pro dan Pro Max Langka

News
| Senin, 28 November 2022, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Sajian Musik Etnik Dihadirkan Demi Hidupkan Wisata Budaya Kotagede

Wisata
| Senin, 28 November 2022, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement