Advertisement

Bebras Biro UAD Lanjutkan Program Lokakarya

Media Digital
Minggu, 23 Oktober 2022 - 23:37 WIB
Budi Cahyana
Bebras Biro UAD Lanjutkan Program Lokakarya Program lokakarya kepada guru yang digelar Bebras Biro Universtas Ahmad Dahlan (UAD), Sabtu (22/10). - Istimewa

Advertisement

JOGJA–Selama tiga tahun terakhir, Bebras Biro Universitas Ahmad Dahlan (UAD) memfokuskan program lokakarya kepada guru SD dan MI Muhammadiyah di wilayah Jogja. Bebras Biro UAD melanjutkan program lokakarya kepada guru SMP/MTs Muhammadiyah di Kota Jogja.

Perlu diketahui Bebras merupakan aktivitas ekstra kurikuler yang mengedukasi kemampuan problem solving dalam informatika. Bebras pertama kali digelar di Lituania. Kompetisi Bebras didirikan di negara Lituania oleh Profesor Valentina Dagiene dari Universitas Vilnius pada 2004. Nama Bebras diambil dari bahasa Lituania yang artinya berang-berang. Nama ini diambil karena kebiasaan berang-berang yang hidup secara kolaboratif dan memiliki etika kerja keras.

Advertisement

Siswa peserta akan mengikuti kompetisi bebras di bawah supervisi guru, yang dapat mengintegrasikan tantangan tersebut dalam aktivitas mengajar guru. Kompetisi ini dilakukan setiap tahun secara online melalui komputer.

Tahun ini tim Bebras Biro UAD menjalin kerja sama dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Jogja dan Ketua Badan Kerja Sama Sekolah untuk penyelenggaraan lokakarya dan Tantangan Bebras 2022.

Lokakarya tentang berpikir secara komputasi kepada perwakilan guru SMP/MTs Muhammadiyah di Kota Jogja dilaksanakan Sabtu (22/10) secara daring. Turut hadir perwakilan guru dari MTs Muhammadiyah Karangkajen, SMP Muhammadiyah 2, SMP Muhammadiyah 3, SMP Muhammadiyah 4, SMP Muhammadiyah 7, SMP Muhammadiyah 8 Jogja, dan SMP Muhammadiyah 9 Jogja.

Pelaksanaan kegiatan lokakarya juga mendapat dukungan penuh dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UAD. Pelaksanaan kegiatan terdiri dari penyampaian urgensi dan terminologi berpikir secara komputasi, penyampaian program Bebras Indonesia, dan penyampaian media pembelajaran berpikir secara komputasi sekaligus media latihan Tantangan Bebras.

Pemateri yang terlibat dalam kegiatan merupakan tim dosen S1 Informatika UAD yaitu Dinan Yulianto, Faisal Fajri Rahani, dan Guntur Maulana Zamroni. 

“Pemateri menyampaikan bentuk keberlanjutan kegiatan yang akan dilakukan berupa pendampingan dan pelatihan kepada siswa di SMP/MTS Muhammadiyah untuk mengupayakan pencapaian prestasi di Tantangan Bebras 2022,” ujar Dinan melalui keterangan tertulis, Minggu (23/10/2022).

Bebras biro UAD juga mengundang partisipasi dari setiap sekolah SD sampai SMA atau sederajat dalam Tantangan Bebras 2022 melalui registrasi laman website resmi Bebras Biro UAD yaitu bebras.uad.ac.id.

Pelaksanaan Tantangan Bebras 2022 akan dilakukan secara daring melalui website resmi Bebras Indonesia yang dapat diakses pada perangkat ponsel, tablet, dan komputer dari rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement