Advertisement

Verifikasi Faktual di Gunungkidul, KPU Dapat Tambahan Petugas dari DIY

David Kurniawan
Minggu, 23 Oktober 2022 - 18:57 WIB
Budi Cahyana
Verifikasi Faktual di Gunungkidul, KPU Dapat Tambahan Petugas dari DIY Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–KPU Gunungkidul mulai melakukan verifikasi faktual keanggotaan partai politik. Rencananya proses ini berlangsung hingga 4 November 2022.

Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani mengatakan verifikasi faktual sudah dilakukan. Kegiatan ini hanya diikuti oleh partai politik baru dan yang tidak memiliki wakil yang duduk di kursi DPR.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Total ada sembilan partai yang diverifikasi faktual. Partai baru meliputi Partai Ummat; Partai Buruh; Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) dan Parta Kebangkitan Nusantara (PKN).

Adpaun partai lama, tapi tidak memiliki wakil kursi DPR meliputi Partai Solidaritas Indonesia (PSI); Hati Nurani Rakyat (Hanura); Partai Bulan Bintang (PBB); Garda Perubahan Indonesia (Garuda), dan Perindo. “Sudah kami mulai verifikasi faktual dengan mendatangi rumah, warga yang terdata sebagai anggota parpol,” kata Hani, Minggu (23/10/2022).

Sesuai dengan peraturan, setiap partai diwajibkan memiliki anggota 775 orang. Meski demikian, tidak semua diverifikasi faktual.

“Kalau ditotal ada 2.446 orang. Rata-rata setiap partai ada sekitar 250 anggota yang didatangi petugas,” katanya.

Menurut Hani, verifiaksi faktual dilakukan untuk memastikan keabsahan warga sebagai anggota partai. Oleh karenanya, dilakukan penelitian tetang kebenaran dokumen KTP, kartu anggota dan status keanggotaan partai.

“Ya kalau merasa dicomot, warga yang bersangkutan harus membuat surat pernyataan,” katanya.

Advertisement

Saat verifikasi faktual ada sekitar 26 petugas yang diterjunkan. Meski demikian, Hani tidak menampik ada tambahan enam petugas dari KPU DIY karena kekurangan personel di lapangan.

“Mudah-mudahan semua berjalan dengan lancar dan sesuai target. 4 November sudah selesai. Hasilnya akan kami serahkan ke partai, kalau kurang dari syarat, maka harus memperbaikinya,” kata dia.

Ketua Bawaslu Gunungkidul Tri Asmiyanto mengatakan sudah menerjunkan sepuluh personel guna pengawasan di lapangan. Tim ini bertugas memastikan proses validasi berjalan sesuai dengan aturan sehingga tidak ada yang dirugikan.

Advertisement

“Ini sudah hari kelima dan proses validasi masih berjalan terus,” katanya.

Tri menambahkan, upaya komunikasi dengan KPU terus dilakukan agar proses validasi lapangan berjalan dengan lancar serta selesai sesuai dengan jadwal. “Nantinya temuan di lapangan akan kami umumkan,” katanya. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Lowongan 88.370 PPPK Tenaga Kesehatan

News
| Minggu, 27 November 2022, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement