Advertisement

KPK Gandeng Pemuda Berantas Korupsi di Tingkat Daerah

Lugas Subarkah
Selasa, 01 November 2022 - 22:07 WIB
Budi Cahyana
KPK Gandeng Pemuda Berantas Korupsi di Tingkat Daerah Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK, Wawan Wardian, membuka Kelas Pemuda dan LSM Antikorupsi KPK, di Grand Keisha Jogja, Selasa (1/11/2022). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengajak pemuda berperan dalam upaya pemberantasan korupsi khususnya di tingkat daerah. Hal ini diwujudkan dengan kegiatan Kelas Pemuda dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Antikorupsi KPK di Grand Keisha Jogja, Selasa dan Rabu (1-2/11/2022).

Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK, Wawan Wardian, menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas dan pengetahuan para pemuda dan LSM dalam pemberantasan tindak pidana korupsi (tipikor).

Advertisement

“Serta bagaimana mendorong peran serta aktif masyarakat dalam upaya pemberantasan korupsi. KPK meyakini pemuda memiliki potensi dan peran strategis dalam upaya pemberantasan korupsi. Potensi dan peran tersebut harus terus dibina agar para pemuda dan LSM memberikan kontribusi optimal dalam pemberantasan korupsi,” ujarnya.

Hal ini merupakan perubahan strategi KPK dari yang tadinya menonjolkan penindakan kini ditambah dengan pendidikan. Lewat pendidikan, KPK berupaya membangun nilai-nilai integeritas dan anti korupsi meliputi jujur, mandiri, tanggung jawab, berani, sederhana, disiplin, adil dan kerja keras.

“Ini kami coba tanamkan kepada seluruh masyarakat. Strategi ini tidak mungkin dilakukan oleh KPK sendiri dan memang di Undang-Undang disebutkan juga, bahwa upaya mulai dari pencegahan, koordinasi sampai eksekusi, KPK bersama masyarakat,” katanya.

Pemuda dilibatkan dalam upaya ini karena secara statistik, lebih dari 50% penduduk Indonesia saat ini adalah pemuda. KPK berharap para pemuda bisa berperan dalam memberantas korupsi, tidak hanya mencegah tapi juga dalam penindakan, dengan cara melaporkan.

Beberapa hal yang bisa dilakukan pemuda dalam upaya ini mulai dari mengingatkan jika ada orang di sekitarnya yang memiliki perilaku korup. Kalau sudah tidak bisa diingatkan, langkah selanjutnya yakni pelaporan. “Bagaimana cara melaporkannya? Nah di sini dipelajari,” ungkapnya.

Kegiatan ini tidak hanya di Jogja, tapi juga beberapa provinsi lainnya. Secara bertahap semua provinsi akan didatangi KPK. Selain bimbingan teknis, KPK juga memberikan monitoring kepada para peserta sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement